ADAKITANEWS, Kediri – Sebanyak 1.214 penari “Pentul Marucul” sukses memukau ribuan penonton yang menyaksikan pagelaran Tari Kolosal di area Simpang Lima Gumul, dalam rangka puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1214, Minggu (25/03).

Acara dibuka dengan penampilan Tari Gambyong Doko, kemudian dilanjutkan dengan sajian Tari Kucingan Kediren, dan diakhiri dengan pagelaran Tari Pentul Marucul yang diperagakan oleh 1.214 siswa SD se-Kabupaten Kediri. Prosesi Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1214 tahun 2018 tersebut, diramu apik melalui fragmen tari dan pembacaan Prasasti Harinjing.

Bupati Kediri, dr Hj Haryanti Sutrisno yang hadir langsung menyaksikan acara tersebut, memberikan apresiasi positif terhadap pagelaran tari kolosal, yang penyelenggaraannya terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan pada tahun ini, seniman lokal yang dilibatkan juga semakin banyak.

“Misal pembuatan topeng pentul marucul yang melibatkan seniman jaranan, Mahmud Septian dan seluruh pemuda Desa Paron. Koreo tari juga melibatkan seniman asli Kediri juga mahasiswa seni Kediri yang belajar di Malang dan STKW Surabaya,” jelas Bupati.

Bupati dua periode ini berharap agar kedepan semakin banyak lagi seniman asli Kediri yang terlibat. “Agar event ini semakin mendunia dan menjadi wahana ekspresi seniman Kediri kepada masyarakat luas. Pada akhirnya menjadi event kebanggaan seniman Kediri dan menjadi destinasi wisata para pecinta event budaya di Indonesia,” tambahnya.

Untuk diketahui, selain Bupati Kediri, dr Hj Haryanti Sutrisno, hadir juga dalam pagelaran tersebut yakni Wakil Bupati Kediri, Drs Masykuri, MM, jajaran Forkopimda Kabupaten Kediri, Sekda Kabupaten Kediri, H Supoyo, SH, MSi, kepala institusi perbankan dan swasta, serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri.(*/kur)

Keterangan gambar: Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1214.(dok humas Pemkab Kediri)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/pukau_penonton_2-1024x682.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/pukau_penonton_2-150x150.jpgREDAKSISeni Budayaadakitanews,Berita,hari jadi,kediri,pentul marucul
ADAKITANEWS, Kediri - Sebanyak 1.214 penari “Pentul Marucul” sukses memukau ribuan penonton yang menyaksikan pagelaran Tari Kolosal di area Simpang Lima Gumul, dalam rangka puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1214, Minggu (25/03). Acara dibuka dengan penampilan Tari Gambyong Doko, kemudian dilanjutkan dengan sajian Tari Kucingan Kediren, dan diakhiri dengan...