ADAKITANEWS, Tulungagung – Sebanyak 1.224 calon pemilih potensial hasil pencocokan dan penelitian (coklit) di wilayah Kabupaten Tulungagung, dinyatakan belum teridentifikasi status serta hak pilihnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung, Suprihno menyatakan, terkait banyaknya nama calon pemilih potensial yang tidak teridentifikasi, dia menduga ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya.

“Dari hasil coklit, ada 1.224 calon pemilih yang belum teridentifikasi, bisa saja penyebabnya karena yang bersangkutan tidak berada di tempat, faktor kesalahan administrasi pendataan, kesalahan informasi atau sudah meninggal dunia,” kata Ketua KPU Tulungagung, Suprihno, Sabtu (07/04).

Lanjutnya, saat awal hasil coklit ada 21.741 pemilih potensial non-KTP-el yang ditemukan oleh petugas coklit. Namun setelah data diserahkan ke Dispendukcapil dan diverifikasi, sebanyak 7.547 dinyatakan sudah menerima KTP-el, 1.042 sudah melakukan perekaman serta mendapat surat keterangan (suket), dan 11.928 terdaftar dalam database namun belum KTP-el. Selebihnya yang berjumlah 1.224 tersebut yang belum teridentifikasi.

“Jika sampai jadwal penetapan 19 April tetap tidak ditemukan data pendukung yang bisa mengkonfirmasi status dan hak pilih 1.224 calon pemilih potensial hasil coklit lapangan tersebut, nama mereka akan dicoret,” ujar Suprihno.

KPU hanya akan menetapkan DPT (daftar pemilih tetap) berdasar DPS (daftar pemilih sementara) hasil coklit yang telah divalidasi oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Untuk menetapkan DPT kami tetap mengacu data faktual yang ada. Database dari Dispendukcapil yang telah disahkan Kemendagri, dan terverifikasi dan tervalidasi sesuai hasil coklit petugas kami di lapangan,” pungkasnya.(bac)

Keterangan gambar : Suprihno, Ketua KPU Tulungagung.(foto : acta cahyono)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/070418-bac-tulungagung-kpu-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/070418-bac-tulungagung-kpu-150x150.jpgREDAKSIPolitikadakitanews,Berita,coklit,daftar pemilih,kpu tulungagung,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Sebanyak 1.224 calon pemilih potensial hasil pencocokan dan penelitian (coklit) di wilayah Kabupaten Tulungagung, dinyatakan belum teridentifikasi status serta hak pilihnya. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung, Suprihno menyatakan, terkait banyaknya nama calon pemilih potensial yang tidak teridentifikasi, dia menduga ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. “Dari hasil...