15 Ribu KIA di Blitar Ditargetkan Bisa Tercetak Tahun Ini

364

ADAKITANEWS, Blitar – Kartu Identitas Anak (KIA) saat ini dinilai sangat penting lantaran dipakai untuk memudahkan Pemerintah dalam mendata warganya. Selain itu, KIA juga bisa untuk memfokuskan penggunaan bantuan kepada anak kecil atau dibawah umur. Pemerintah Kabupaten Blitar pun mengaku sudah menargetkan ribuan KIA bisa tercetak di tahun 2018 ini.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar, Eko Budi Winarso mengatakan, Kabupaten Blitar termasuk dalam daftar Kabupaten yang memiliki capaian akta kelahiran tinggi, sehingga diberikan wewenang oleh Pemerintah Pusat untuk mencetak Kartu Identitas Anak (KIA) sendiri.

“Dikarenakan kita termasuk daerah dengan akta kelahiran yang cukup tinggi, makanya kita diberi kewenangan Pemerintah Pusat untuk mencetak KIA sendiri,” kata Eko, Jumat (02/02).

Lebih lanjut Eko menjelaskan, kewenangan untuk bisa mencetak KIA sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2017 yang lalu. Sehingga untuk saat ini di tahun 2018 pihaknya menargetkan bisa mencetak sebanyak 15 ribu kartu identitas anak.
Eko menyebut, untuk sementara KIA yang akan dicetak dan diselesaikan terlebih dahulu hanya untuk anak yang berusia 0 hingga 5 tahun.

“Kalau untuk anak usia 6 – 17 tahun akan dicetak setelahnya. Sedangkan ditahun sebelumnya kita sudah berhasil mencetak kurang lebih 6500 KIA,” pungkasnya.

Eko Budi menambahkan, ada 39 ribu anak sasaran KIA. Namun karena kemampuan alat dan keterbatasan blangko KIA maka pencetakan akan dilakukan secara bertahap. “Tentunya kita tidak bisa serta merta langsung mencetak semuanya, kan alat dan blangkonya juga terbatas. Makanya akan kita cetak secara bertahap,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Ilustrasi.(google.com)