ADAKITANEWS, Blitar – Bencana alam sudah terjadi di musim penghujan ini. Termasuk di Kabupaten Blitar, seperti banjir di daerah Sutojayan dan longsor di daerah Gandusari. Namun selain banjir dan longsor, masyarakat juga harus waspada dengan bencana banjir lahar dingin dari puncak gunung kelud.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupeten Blitar, Heru Irawan mengatakan, untuk saat ini material pasir dan lain-lain yang berada di puncak Gunung Kelud masih jutaan meter kubik. Dengan tingginya intensitas hujan saat ini, besar kemungkinan material akan turun terbawa air hujan dan mengakibatkan banjir lahar dingin di lereng kelud.

“Masyarakat juga harus waspada bencana banjir lahar dingin. Karena intensitas hujan juga mulai tinggi,” kata Heru, Sabtu (09/12).

Heri menyebut, ada dua kecamatan yang waspada lahar dingin, diantaranya Kecamata Nglegok dan Garum. Khususnya beberapa sungai seperti kali putih, kali semut, dan kali bladak. Petugas sudah memasang peringatan berupa banner di kawasan rawan agar masyarakat dapat mengantisipasi datangnya banjir lahar dingin.

“Masyarakat kita minta tidak beraktivitas di sekitar wilayah sungai saat hujan mengguyur kawasan kelud dan sekitarnya, karena itu sangat berbahaya,” pungkasnya.

Heru menambahkan, imbauan tidak hanya diberikan kepada masyarakat sekitar, tetapi juga dimaksudkan untuk para penambang pasir yang sering beraktivitas di wilayah sungai. “Saat ini masih banyak aktivitas penambang pasir. Jadi kita juga himbau kepada mereka untuk terus waspada,” imbuhnya.

Selain itu Heru juga mengungkapkan, bahwa bencana banjir masih harus diwaspadai juga untuk wilayah Blitar bagian Barat. Terutama di Kecamatan Wonodadi yang beberapa tahun terakhir juga mengalami kebanjiran. “Kita juga mengimbau untuk waspada terhadap banjir, khususnya di wilayah Blitar barat adalah di Kecamatan Wonodadi,” ujar Heru.(fat/wir)

Keterangan gambar: Heru Irawan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupeten Blitar.(foto : fathan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/091217-fat-blitar-bencana-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/091217-fat-blitar-bencana-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,bencana,Berita,blitar,Bpbd
ADAKITANEWS, Blitar - Bencana alam sudah terjadi di musim penghujan ini. Termasuk di Kabupaten Blitar, seperti banjir di daerah Sutojayan dan longsor di daerah Gandusari. Namun selain banjir dan longsor, masyarakat juga harus waspada dengan bencana banjir lahar dingin dari puncak gunung kelud. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupeten Blitar,...