ADAKITANEWS, Kota Blitar – Selain SMPN 3 Kota Blitar, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar berencana memindah dua bangunan sekolah lagi yang saat ini berada di pusat Kota Blitar. Dua bangunan sekolah tersebut yakni SMPN 1 dan SMPN 2 Kota Blitar.

Walikota Blitar, Muhammad Samanhudi Anwar menjelaskan, pemindahan lokasi sekolah ini dilakukan untuk mengurai keramaian di pusat Kota Blitar. Pemerintah Kota Blitar juga sudah menentukan lokasi yang akan ditempati bangunan sekolah tersebut.

“Kalau untuk SMPN 1 Kota Blitar yang saat ini berada di Jalan Ahmad Yani, rencananya akan dipindahkan ke Kelurahan Tlumpu Kecamatan Sukorejo. Sedangkan untuk SMPN 2 Kota Blitar akan dipindahkan ke Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan,” kata Samanhudi, Kamis (19/10).

Sementara saat ini, Pemkot Blitar juga sudah memulai mempersiapkan untuk pemindahan SMPN 3 ke Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar.

Orang nomor 1 di Kota Blitar ini menuturkan, saat ini di tengah Kota Blitar sudah terlalu padat dengan bangunan sekolah, sehingga membuat lalu lintas ramai. Pemindahan ini juga dalam upaya pemekaran pembangunan di Kota Blitar sehingga tidak hanya terkonsentrasi di tengah kota.

“Kalau kita pindahkan ke pinggiran pusat kota tidak terlalu ramai dengan anak sekolah dan menyebar ke seluruh wilayah Kota Blitar,” ungkapnya.

Samanhudi juga menilai, bangunan yang ada di sekolah-sekolah saat ini sudah tidak mumpuni untuk programnya. Sebab pada November mendatang Pemkot Blitar sudah mulai membagikan sepeda untuk dipinjamkan pada siswa di sekolah-sekolah di Kota Blitar. Hal itu merupakan langkah Pemerintah Kota Blitar dalam rangka ingin menjadikan Kota Blitar sebagai Kota sepeda, sehingga ramah lingkungan.

Untuk setiap sekolah, Pemerintah Kota Blitar berencana membuat lahan parkir bertingkat, sehingga memadai untuk parkir sepeda seluruh siswa sekolah.

“Tidak mungkin SMP 3 kita buatkan parkir tiga lantai, karena sudah padat. Maka sebagian bangunan sekolah akan kita pindahkan ke beberapa lokasi yang lain,” tegasnya.

Diketahui, Pemkot Blitar berencana membagikan 4.398 unit sepeda pada siswa. Sepeda ini berhak digunakan para siswa bahwa nanti dapat dibawa pulang. Namun siswa yang sudah lulus sekolah, diwajibkan mengembalikan sepeda ini pada Pemkot Blitar.(fat/wir)

Keterangan gambar: Samanhudi Anwar, Walikota Blitar.(foto : fathan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/191017-fat-blitar-sekolah-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/191017-fat-blitar-sekolah-150x150.jpgREDAKSIPendidikanadakitanews,Berita,blitar,pemkot blitar,sekolah,sepeda gratis
ADAKITANEWS, Kota Blitar - Selain SMPN 3 Kota Blitar, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar berencana memindah dua bangunan sekolah lagi yang saat ini berada di pusat Kota Blitar. Dua bangunan sekolah tersebut yakni SMPN 1 dan SMPN 2 Kota Blitar. Walikota Blitar, Muhammad Samanhudi Anwar menjelaskan, pemindahan lokasi sekolah ini dilakukan...