ADAKITANEWS, Blitar – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Kuspardani menjelaskan, Kabupaten Blitar dalam waktu dekat akan segera melakukan program Outbreak Response Immunization (ORI) difteri, menyusul ditetapkannya Jawa Timur sebagai tempat Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit difteri.

Menurutnya, untuk sasaran imunisasi ORI di Kabupaten Blitar, totalnya ada lebih dari 300 ribu anak. “Jawa Timur kan sudah ditetapkan sebagai KLB difteri. Untuk Kabupaten Blitar kita akan melakukan imunisasi sekitar 300 ribu anak, tepatnya usia 1 hingga 19 tahun,” kata Kuspardani, Sabtu (03/02).

Kuspardani menjelaskan, rencana pelaksanaan imunisasi ini akan dimulai pada pertengahan Februari ini. Sehingga kini pihaknya tengah melakukan persiapan untuk pelaksanaan imunisasi, diantaranya dengan melakukan rapat koordinasi di tingkat Kabupaten dan dilanjutkan dengan rapat koordinasi di tingkat Kecamatan, agar implementasi imunisasi bisa tepat sesuai dengan perencanaan.

“Saat ini vaksin sudah tersedia tinggal menunggu distribusi spet atau alat suntik yang dikirim oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur,” pungkasnya.

Sementara itu, menanggapi hal ini anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar, Suswati mengatakan, pihaknya beberapa waktu lalu telah meninjau beberapa puskesmas di Kabupaten Blitar untuk melihat kesiapannya dalam melaksanakan kegiatan ORI difteri ini. Menurutnya, persiapan Puskesmas sudah baik bahkan mencapai 80 persen.

“Ya kami juga minta para perawat di puskesmas proaktif untuk mensosialisasikan adanya imunisasi ini. Agar masyarakat mengetahui pentingnya imunisasi ini,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Dinas Kesehatan bersama DPRD Kabupaten Blitar saat meninjau persiapan di salah satu puskesmas.(ist)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/02/IMG-20180202-WA0044-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/02/IMG-20180202-WA0044-150x150.jpgREDAKSIKesehatanadakitanews,Berita,blitar,difteri,imunisasi
ADAKITANEWS, Blitar - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Kuspardani menjelaskan, Kabupaten Blitar dalam waktu dekat akan segera melakukan program Outbreak Response Immunization (ORI) difteri, menyusul ditetapkannya Jawa Timur sebagai tempat Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit difteri. Menurutnya, untuk sasaran imunisasi ORI di Kabupaten Blitar, totalnya ada lebih dari 300 ribu...