ADAKITANEWS, Tulungagung – Masa pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Tulungagung telah ditutup sejak Jumat (06/10) lalu. Panita Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tulungagung pun, kini telah fokus melakukan verifikasi terhadap berkas yang diajukan, sebelum masuk ke tahap tes tertulis, yang dijadwalkan akan laksanakan tanggal 17 Oktober 2017 mendatang.

“Berkas yang masuk sebanyak 354 pendaftar. Dari jumlah tersebut dipastikan akan mengalami penyusutan sebelum dilakukan tes tulis, karena ada beberapa pendaftar yang umurnya tidak memenuhi persyaratan, sebab masih berusia kurang dari 25 tahun,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Tulungagung, Endro Sunarko, Sabtu (07/10).

Lanjut Endro, dari masing-masing kecamatan terdata hanya 2 kecamatan saja yang tepat sesuai kuota minimal pendaftar, yaitu Kecamatan Sendang dan Tanggunggunung. Dan selebihnya, melebihi kuota minimal.

Saat ini, Panwaslu Kabupaten Tulungagung juga tengah melakukan pemberkasan dan verifikasi. Syarat yang harus dipenuhi diantaranya, merupakan warga dengan domisili sesuai Kecamatan yang ditandai dengan KTP, tidak menjadi pengurus partai politik (Parpol), pendidikan terakhir minimal SMA sederajat, dengan batas usia minimal 25 tahun saat pendaftaran.

“Kepada pendaftar yang berkasnya kurang lengkap, kita beri kesempatan untuk melengkapi hingga batas waktu hari Rabu (11/10) pekan depan,” ujar Endro

Endro mengatakan, seleksi ini dilaksanakan secara terbuka. Siapapun boleh mengikuti, terkecuali pengurus partai. “Selain itu bagi yang pernah berurusan dengan kasus hukum dengan ancaman hukuman selama 5 tahun, tidak boleh mengikuti proses seleksi,” terangnya.

Dari jumlah yang lolos verifikasi, nantinya akan mengikuti tahapan selanjutnya berupa tes tulis. Dalam tes tulis ini, akan diambil sebanyak 6 pendaftar untuk masing-masing kecamatan, kecuali jika hasil tesnya sama, maka dimungkinkan bisa lebih dari 6 orang.

Sementara itu tahap terakhir dalam penjaringan Panwascam ini adalah interview, untuk menentukan 3 komisioner di masing-masing kecamatan. “Menghadapi Pilkada tahun 2018 mendatang, Panwaslu merekrut sebanyak 57 tenaga pengawasan di tingkat kecamatan. Nantinya, mereka akan disebar di 19 kecamatan. Yang mana, setiap kecamatan akan ditempatkan 3 orang Panwascam,” jelas Endro.(ta1)

Keterangan gambar : Petugas Sekretariat sedang melakukan verifikasi berkas pendaftaran Panwascam.(foto : acta cahyono)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews20171007_175311-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews20171007_175311-150x150.jpgREDAKSIPolitikadakitanews,Berita,panwascam,panwaslu,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Masa pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Tulungagung telah ditutup sejak Jumat (06/10) lalu. Panita Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tulungagung pun, kini telah fokus melakukan verifikasi terhadap berkas yang diajukan, sebelum masuk ke tahap tes tertulis, yang dijadwalkan akan laksanakan tanggal 17 Oktober 2017 mendatang. “Berkas yang...