400 Mahasiswa Ciputra Dampingi 165 UKM di Sidoarjo

602

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Sekitar 400 mahasiswa semester III jurusan Internasional Bisnis Manajemen, Universitas Ciputra Surabaya diberangkatkan Bupati Sidoarjo, Saiful Illah menuju 165 Usaha Kecil Mikro (UKM) di Kabupaten Sidoarjo, Jumat (27/10).

Kedatangan ratusan mahasiswa tersebut untuk melakukan pendampingan kepada 165 pelaku usaha mikro di Kabupaten Sidoarjo. “Pendampingan ini mulai dari aspek bahan baku, sarana, modal, tenaga kerja, pelatihan sampai pemasarannya,” jelas Ketua Kegiatan Pendampingan, Sonata Christian, Jumat (27/10).

Lebih lanjut, Sonata mengatakan setelah kegiatan yang dilakukan selama 2 hari ini, 165 UMKM tersebut akan mendapatkan pelatihan atau kuliah singkat sesuai masalah yang dihadapi. Menurutnya, kegiatan pelatihan ini dilakukan selama sebulan. “Tidak berhenti sampai pelatihan, Universitas Ciputra juga memfasilitasi dengan memberikan kesempatan bagi 3 mitra UMKM terbaik untuk mendapatkan sertifikasi kewirausahaan tingkat nasional. Harapan kami dengan pendampingan dan pemberian fasilitas sertifikasi kewirausahaan ini akan dapat mendorong kemajuan UMKM di Sidoarjo,” paparnya.

Wakil Rektor Universitas Ciputra, Victor Effendi menjelaskan bahwa kegiatan itu merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yayasan yang dipimpinnya. Tujuannya membagikan pengalaman dan pengetahuan untuk menjadikan UKM dan UMKM berhasil menentukan target usaha sesuai bidangnya masing-masing.
“Berbagi ilmu dan jejaring itu penting. Kami pilih Sidoarjo karena sebagai kota UKM Indonesia. 2 persen UKM tumbuh akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi menghadapi pasar global. Ini program kampus menghasilkan orang-orang unggul,” tegasnya.

Sementara Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah berharap warga Sidoarjo yang sebelumnya petani bisa menjadi pengusaha. Dia mencontohkan petani tambak menjadi pengusaha tambak. Hal itu karena keberhasilan mengelola usaha perekonomiannya.

“Orang Sidoarjo banyak urban. Mereka datang tidak menganggur tapi bekerja. Kalau UKM dan UMKM tumbuh, orang Sidoarjo akan belanja di Sidoarjo. Begitu juga dengan keterlibatan mahasiswa itu. Ini akan memicu pertumbuhan ekonomi. Perdagangan yang baik akan membuat tegaknya perputaran dan perekonomian kota dan kabupaten. Karena tak ada yang melarang kita berusaha maka bukalah UKM dan UMKM sesuai kemampuan demi kemajuan perekonomian Sidoarjo,” katanya.

Keterangan gambar : Sekitar 400 mahasiswa semester III Jurusan Internasional Bisnis Manajemen diberangkatka Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah menuju 165 UKM di 11 kecamatan di Sidoarjo.(foto: mus purmadani)