jalan@dakitanews Jombang – Berdasarkan data di Dinas PU Bina Marga dan Pengairan Jombang tahun 2014, menyebutkan bahwa kondisi jalan rusak di Kabupaten Jombang mencapai 305,3 kilometer dari jumlah total sepanjang 683,08 kilometer. Jika dipersentase, kondisi jalan yang rusak sekitar 44,70%.

Kerusakan ratusan kilometer jalan tersebut terbagi dalam tiga kategori, yakni rusak ringan, sedang dan berat. Untuk kerusakan ringan (tingkat kerusakan 6-11 persen) tercatat sepanjang 123,48 kilometer atau setara 18 persen lebih. Kemudian kerusakan sedang (tingkat kerusakan 11-15 persen) sepanjang 61,92 kilometer atau setara 9 persen lebih.

Untuk kerusakan kategori berat (tingkat kerusakan lebih dari 15 persen) terdapat 119,537 kilometer atau setara 17 persen lebih. Data tersebut belum termasuk jalan yang bukan kewenangan dari Dinas PU Bina Marga dan Pengairan Jombang.Dan untuk perbaikan seluruh jalan yang rusak tersebut, diperlukan dana sekitar Rp 660 miliar.

Anggaran tersebut jauh dari kekuatan APBD Jombang untuk pembangunan jalan yang hanya Rp 120 miliar per tahun. Dengan begitu, perbaikan jalan rusak tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 5 tahun.

Bupati Jombang Nyono Suharli kepada @dakitanews.com, Selasa (30/9) menyampaikan, pemerintah sudah melakukan terobosan untuk percepatan pembangunan dan perbaikan jalan ini. Salah satunya, menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat dan program “multi years”, dengan dana talangan swasta. “Dengan begitu diharapkan tidak perlu menunggu waktu lima tahun untuk menyelesaikan ratusan kilometer jalan yang rusak ini,” ujar mantan kepala desa ini. (her/jati)

Keterangan Gambar : Salah satu perbaikan jalan rusak

RedaksiDaerah
@dakitanews Jombang - Berdasarkan data di Dinas PU Bina Marga dan Pengairan Jombang tahun 2014, menyebutkan bahwa kondisi jalan rusak di Kabupaten Jombang mencapai 305,3 kilometer dari jumlah total sepanjang 683,08 kilometer. Jika dipersentase, kondisi jalan yang rusak sekitar 44,70%. Kerusakan ratusan kilometer jalan tersebut terbagi dalam tiga kategori, yakni...