ADAKITANEWS, Kota Blitar – Retribusi parkir bisa menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang besar jika dikelola dengan baik. Hal itu karena banyak tempat parkir yang seharusnya bisa dimanfaatkan Pemerintah untuk menghasilkan pendapatan. Termasuk di Kota Blitar yang saat ini memiliki banyak tempat parkir untuk dikelola Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, salah satunya di tempat-tempat wisata.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Blitar, Priyo Suhartono mengakui bahwa sejak tahun 2011 hingga 2016 lalu target capaian pendapatan pemerintah dari sektor retribusi parkir tak pernah tercapai. Jika dirata-rata, dalam setiap tahun hanya mampu tercapai antara 70 hingga 83 persen saja tanpa pernah mencapai jumlah yang memuaskan.

“Tahun 2017 ini Dishub diwajibkan memenuhi Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp 1 miliar. Jumlah ini naik 20 persen jika dibanding tahun 2016 lalu yakni sebesar Rp 800 juta,” kata Priyo, Rabu (04/10).

Lebih lanjut Priyo menuturkan, meski tahun 2017 tinggal 2 bulan lagi, capaian PAD di Dinas Perhubungan Kota Blitar baru mencapai 65 persen. Rendahnya capaian pendapatan retribusi parkir disebabkan menjamurnya praktik pungli di kalangan para jukir yang ada di Kota Blitar. “Ini kemungkinan karena masih banyaknya praktik pungli di kalangan jukir,” tandasnya.

Menurutnya, masih banyak masyarakat yang membiarkan praktik pungli terjadi seperti dengan tetap membayar meski tidak diberi karcis kendaraan. Jika ini terus dibiarkan, maka praktik pungli akan sulit diatasi dan akan merugikan Pemkot Blitar. Karena besaran PAD yang semestinya bisa didapatkan harus melayang.

“Kita minta agar masyarakat membantu pemerintah melawan praktik pungli di pinggir jalan, dengan selalu meminta karcis setelah parkir di pinggir jalan,” ujarnya.

Priyo menambahkan, selain praktik pungli dapat dicegah, dengan bantuan masyarakat dalam meminta karcis kepada juru parkir dinilai dapat mendongkrak pendapatan pemerintah dari sektor retribusi parkir. “Jika peran masyarakat dalam membantu Pemerintah ini sudah berjalan, maka PAD otomatis akan meningkat,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Salah satu tempat parkir pinggir jalan yang ada di Kota Blitar.(foto : fathan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/041017-fat-blitar-parkir-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/041017-fat-blitar-parkir-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,blitar,parkir
ADAKITANEWS, Kota Blitar - Retribusi parkir bisa menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang besar jika dikelola dengan baik. Hal itu karena banyak tempat parkir yang seharusnya bisa dimanfaatkan Pemerintah untuk menghasilkan pendapatan. Termasuk di Kota Blitar yang saat ini memiliki banyak tempat parkir untuk dikelola Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar,...