ADAKITANEWS, Blitar – Petugas gabungan dari Panwaslu, KPU Kabupaten Blitar, serta Satpol PP menggelar operasi untuk menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) liar di beberapa titik di wilayah Kabupaten Blitar. Hasilnya,  puluhan APK milik paslon dalam Pilgub 2018 berhasil ditertibkan dan diturunkan secara paksa.

Komisioner Bidang Hukum dan Penanganan Pelanggaran Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Blitar, Abdul Hakam Solahudin menjelaskan, jumlah alat peraga kampanye yang ditertibkan diantaranya 62 APK pasangan calon nomor urut satu dan 31 APK pasangan calon nomor urut dua, yang ditemukan menyebar di seluruh wilayah Kabupaten Blitar.

“Ada puluhan APK yang sudah kita tertibkan, masing-masing dari Paslon nomor urut satu ada 62 APK dan dari nomor urut dua ada 31 APK,” katanya, Rabu (28/03).

Hakam mengaku, penertiban APK yang melanggar aturan ini diantaranya karena tidak sesuai dengan desain yang ditetapkan, pemasangan dengan cara dipaku di pohon, dan APK yang berada di sekitar tempat ibadah, sekolah serta fasilitas umum atau kantor pemerintahan.

Lebih Lanjut Hakam menyebut, APK yang melanggar aturan mayoritas merupakan APK yang dipasang pihak partai politik pendukung paslon. Selain itu, pihaknya telah memberikan informasi dan imbauan kepada masing-masing parpol pendukung dan tim paslon untuk menaati aturan pemasangan APK.

“APK yang sudah kita tertibkan ini merupakan APK yang dipasang oleh partai politik atau tim pemenangan dari masing-masing paslon,” jelasnya .

Hakam menambahkan, pihaknya akan terus berkomunikasi dengan Panwascam, PPL, dan juga PPK serta petugas ketertiban untuk pengawasan APK Pilgub di Kabupaten Blitar.

“Yang pasti kita akan tetap berkoordinasi dengan Panwascam, PPL, dan juga PPK serta petugas ketertiban untuk pengawasan APK,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Penertiban APK oleh tim gabungan.(ist)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/280318-fat-blitar-APK-2-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/280318-fat-blitar-APK-2-150x150.jpgREDAKSIPolitikadakitanews,alat peraga kampanye,apk,Berita,blitar,pilgub
ADAKITANEWS, Blitar - Petugas gabungan dari Panwaslu, KPU Kabupaten Blitar, serta Satpol PP menggelar operasi untuk menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) liar di beberapa titik di wilayah Kabupaten Blitar. Hasilnya,  puluhan APK milik paslon dalam Pilgub 2018 berhasil ditertibkan dan diturunkan secara paksa. Komisioner Bidang Hukum dan Penanganan Pelanggaran Panitia...