ADAKITANEWS, Blitar – Dampak adanya penurunan Dana Alokasi Umum (DAU) juga dirasakan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar. Ada beberapa anggaran yang berkurang karena menyesuaikan jumlah anggaran yang ada saat ini. Termasuk Alokasi Dana Desa (ADD) yang dipastikan besarnya menurun.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar, Mujianto mengatakan, dengan adanya penurunan DAU dari Pemerintah Pusat maka juga berpengaruh di Kabupaten Blitar. Seperti besaran ADD yang diterima oleh 220 desa yang ada, karena menurunnya dana di APBD Perubahan tahun 2017.

“Pada APBD Perubahan yang disepakati pekan lalu kan ada beberapa pengurangan anggaran, salah satunya pada ADD tahap dua ini,” kata Mujianto, Selasa (03/10) siang.

Mujianto mengaku, jika sebelumnya ADD sebesar Rp 126 miliar, saat ini turun sekitar Rp 7 miliar, sehingga menjadi Rp 119 miliar. Untuk itu di masing-masing desa rata-rata hanya mendapat Rp 450-600 juta.

“Turunnya ya sekitar Rp 7 miliar. Jadi desa mungkin paling banyak dapat Rp 600 juta,” jelasnya.

Sementara itu untuk pencairannya masih menunggu dari hasil evaluasi Gubernur Jawa Timur terkait peraturan daerah tentang APBD Perubahan. Diperkirakan pencairan ADD ini pada bulan Oktober ini.

“Kalau evaluasi dari Gubernur sudah turun, tentu pencairannya juga secepatnya kita lakukan,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Mujianto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/031017-fat-blitar-add-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/031017-fat-blitar-add-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,add,Berita,blitar,dana desa
ADAKITANEWS, Blitar - Dampak adanya penurunan Dana Alokasi Umum (DAU) juga dirasakan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar. Ada beberapa anggaran yang berkurang karena menyesuaikan jumlah anggaran yang ada saat ini. Termasuk Alokasi Dana Desa (ADD) yang dipastikan besarnya menurun. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar, Mujianto mengatakan, dengan adanya...