IMG_20150629_110344IMG_20150629_113054

ADAKITANEWS, Kediri – KPU Kabupaten Kediri akhirnya melakukan verifikasi dokumen syarat dukungan pasangan bakal calon perseorangan Wisnu Wardana-Tomi Ari Wibowo. Verifikasi itu setelah KPU menerima surat rekomendasi dari Panwaslih Kab. Kediri yang meminta KPU melakukan verifikasi.

Komisioner KPU Kabupaten Kediri, Syamsuri mengatakan, pihaknya melakukan perhitungan dokumen syarat dukungan pasangan bakal calon Bupati Wisnu-Tomi setelah mendapatkan surat rekomendasi Panwaslih Kab. Kediri. “Kita menjalankan perintah dari surat rekomendasi Panwaslih Kab. Kediri nomor 125/ PANWAS.KAB.KDR/VI/2015 tertanggal 27 Juni 2015. Tolong dicatat itu,” ujar Syamsuri. Senin,(29/06).

Syamsuri mengatakan, pihaknya wajib melaksanakan surat rekomendasi dari Panwaslih Kabupaten Kediri. Pasalnya, jika dalam tempo maksimal 3 hari, tidak melaksanakan surat tersebut, maka akan ada surat rekomendasi lain yang justru akan lebih memberatkan pihanya. “Jika kita tidak melaksanakan surat rekomendasi itu, justru akan ada surat rekomendasi lain,” lanjut Syamsuri.

Untuk melakukan penghitungan dokumen Syarat dukungan pasangan calon tersebut, pihak KPU telah melakukan bimbingan teknis secara khusus. Hal itu untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penghitungan. “Sebelumnya kita telah melakukan bimtek kepada petugas kami yang akan melakukan penghitungan. Agar dalam proses pemilahan data lebih jelas, mana yang masuk kategori TMS mana yang tidak,” ujarnya.

Disinggung persoalan dokumen yang diverifikasi hanya hardcopy, padahal sebagaimana di atur alam pasal 15 PKPU nomor 9 tahun 2015 adalah hard dan soft copy, Syamsuri menjawab hal itu sebagaimana direkomendasikan Panwaslih Kab. Kediri. “Kita hanya menjalankan rwkomendasi Panwas, karena softcopynya tidak ada, maka yang kita lakukan penghitungan ya hanya hardcopy,” tandasnya.

Terkait aksi protes pasangan calon Wisnu-Tomi yang mempermasalahkan perhitungan dokumen sebelum pihaknya datang, Syamsuri menjawab hal itu karena pasangan calon tersebut datang terlambat. “Kita undang mereka untuk datang dalam penghitungan syarat dkungan pukul 09.00 wib, namun mereka datang terlambat, maka setelah mendapat masukan Panwas, dan disaksikan pihak kepolisian serta panwas, kami akhirnya melakukan penghitungan biarpun mereka (pasangan calon Wisnu-Tomi – red) belum datang,” pungkas Syamsuri. (ys).

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/06/IMG_20150629_110344.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/06/IMG_20150629_110344-150x150.jpgRedaksiPolitikdukungan,kediri,kpu,Perhitungan,syarat
ADAKITANEWS, Kediri - KPU Kabupaten Kediri akhirnya melakukan verifikasi dokumen syarat dukungan pasangan bakal calon perseorangan Wisnu Wardana-Tomi Ari Wibowo. Verifikasi itu setelah KPU menerima surat rekomendasi dari Panwaslih Kab. Kediri yang meminta KPU melakukan verifikasi. Komisioner KPU Kabupaten Kediri, Syamsuri mengatakan, pihaknya melakukan perhitungan dokumen syarat dukungan pasangan bakal...