Akibat Curah Hujan Tinggi, Jalan Patah dan Ambles

530

putus1putus4@dakitanews, Nganjuk – Akibat curah hujan tinggi dalam beberapa hari terakhir, sarana transportasi jalan patah dan ambles dengan kedalaman 2 meter, lebar 5 meter sepanjang 8 meter, di Dusun Ketawang, Desa Gemenggeng, di jalan sekitar pasar Kerep Kidul ke arah utara menuju pasar Gemenggeng ke arah timur menuju Desa Mungkung Kecamatan Rejoso.

Kejadian amblesnya jalan di malam hari sekitar pukul 20.00 WIB itu mengakibatkan
Arus transportasi dan roda perekonomian warga sekitar menjadi terganggu. Sehingga  warga Desa Mungkung yang akan pergi ke pasar Gemenggeng maupun Kerep Kidul, harus jalan memutar ke selatan lalu belok ke barat hingga sekitar 8 kilo meter jaraknya.

Amblesnya jalan desa itu dikarenakan di bawah aspal, lapisan tanah ada lorong yang dijadikan sarang beberapa hewan melata seperti nyambik dan sebagainya. Akibatnya, lorong ini menjadi jalur air bawah tanah, dan ketika hujan deras mengguyur maka tekanan air dari sawah meluber dan masuk melalui celah – celah jalan kemudian larut ke sungai yang berada di sisi selatan jalan. Karena penopang jalan tergerus air, maka badan jalan menjadi ambles. Hal itu juga mengancam jaringan kabel telkom bawah tanah.

Kapala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk, Ir.Sukonjono MT mengatakan bahwa, Informasi dan  pengecekan sudah dilakukan ke lokasi kejadian. Selanjutnya juga telah dilakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk segera memperbaiki jalan yang ambles ini.

Ditambahkan, Perlu penanganan darurat dengan membuat plengsengan dan pasangan batu bronjong di sisi kanan serta kiri jalan, kemudian diurug kembali dengan tanah urug lalu dipadatkan.”Ini perlu segera dilakukan agar secepatnya bisa berfungsi kembali, dan arus transportasi berjalan normal,”terang Sukonjono kepada awak media.(Kmto/jati).