ADAKITANEWS, Tulungagung – Motor, tidak hanya sekadar kendaraan untuk transportasi tetapi juga merupakan gaya hidup. Namun kerap kali keinginan memiliki motor unik untuk bergaya , terkendala harga yang mahal untuk membelinya. Apalagi untuk jenis motor gede atau moge buatan pabrikan di luar negeri.

Peluang inilah yang ditangkap oleh Alex Zakaria, pemuda Desa Moyoketen Kecamatan Boyolangu Tulungagung. Alex Zakaria yang juga seorang penghobi otomotif mencoba berkreasi membuat motor unik dengan biaya yang minim. Untuk mewujudkan keinginannya tersebut, Alex memanfaatkan bengkel motor miliknya sebagai tempat berkreasi membuat motor modifikasi.

Karena hasil kreatiftas dan daya imajinasinya yang tinggi, ia berhasil membuat sepeda motor modifikasi dari bahan besi, dan mesin diesel bekas.

“Ini lagi bereksperimen memodifikasi motor dengan bahan bakar solar. Maka itu untuk mesinnya saya gunakan mesin diesel,” kata Alex Zakaria.

Untuk memenuhi semua bahan pembuatan motor tersebut, tidak perlu ke luar kota. Cukup di Tulungagung saja, selain itu harganyapun terbilang murah

Alex sebelum memulai memodifikasi, selalu mencari referensi melalui beragam media, seperti halnya browsing lewat internet. Dan pilihannya jatuh pada motor bergaya chopper. Begitu model didapatkan, mulailah Alex berkreasi. Pembuatan rangka motor, tangki, maupun asesoris motor sebagian besar dari besi bekas.

Mesin yang dipergunakan merupakan perpaduan dari mesin diesel bekas yang biasa digunakan untuk perahu motor atau pompa air yang di padu dengan transmisi dari mesin motor. Butuh waktu selama satu bulan untuk menyelesaikan motor rakitan, dengan mesin berbahan bakar solar tersebut.

Selain nyaman dikendarai, motor bergaya chopper, mirip motor chopperland milik Presiden Jokowi ini, juga irit bahan bakar.

“Bahan bakarnya cukup irit, satu liter solar dapat digunakan untuk menempuh perjalanan sejauh 20 hingga 30 kilometer,” jelas Alex.

Motor buatan Alex ini, tidak ia gunakan setiap hari di jalan raya, Alex menggunakan jika ada acara pameran atau touring bersama komunitas sepeda motor antik.

“Motor ini untuk saya koleksi sendiri, tapi kalau ada pecinta motor unik yang berminat membeli, saya lepas dengan harga Rp 20 juta sampai Rp 25 juta,” pungkasnya.(bac)

Keterangan gambar : Alex Zakaria dan motor hasil kreasinya.(foto : acta cahyono)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/080418-bac-tulungagung-motor-diesel-2.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/080418-bac-tulungagung-motor-diesel-2-150x150.jpgREDAKSIAda Sajaadakitanews,Berita,motor diesel,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Motor, tidak hanya sekadar kendaraan untuk transportasi tetapi juga merupakan gaya hidup. Namun kerap kali keinginan memiliki motor unik untuk bergaya , terkendala harga yang mahal untuk membelinya. Apalagi untuk jenis motor gede atau moge buatan pabrikan di luar negeri. Peluang inilah yang ditangkap oleh Alex Zakaria,...