All Out Jaga Kondusifitas Jelang Suran Agung 2017

650

ADAKITANEWS, Kota Madiun – Seluruh pihak, baik Pemerintah Daerah maupun aparat keamanan di Kota Madiun menggelar apel pasukan dalam rangka Operasi Aman Suro tahun 2017, Senin (18/09). Upacara dilaksanakan di alun-alun Kota Madiun dan dihadiri langsung oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin.

Dalam sambutannya, Kapolda sangat mengapresiasi adanya penandatanganan kesepakatan atau Maklumat Bersama Pengamanan Suroan dan Suran Agung Tahun 2017, yang dilakukan oleh Walikota Madiun, Bupati Madiun, seluruh Kapolres dan Komandan Kodim Eks Karesidenan Madiun, serta ketua kedua Perguruan Silat terbesar di Kota Madiun yakni PSHW Tunas Muda dan PSHT.

Irjen Pol Machfud Arifn menegaskan jika kehadirannya adalah sebagai pemberi semangat agar semua pihak bisa melaksanakan seluruh kesepakatan dengan baik. “Kehadiran saya di sini sebagai pemberi semangat dan dukungan agar nantinya pelaksanaan kegiatan bisa berjalan dengan baik,” tegas Kapolda.

Masih menurut Kapolda, dirinya sangat yakin jika kondusifitas Kota Madiun yang sudah tercipta selama ini akan terus terjaga. Sementara untuk pengamanan sendiri, Kapolda menyampaikan jika pihak keamanan telah menyiapkan 1.600 pasukan gabungan yang siap mengawal dan mengamankan kegiatan selama bulan Suro, dan menjaga Kota Madiun tetap kondusif.

Meskipun potensi kerawanan diakui oleh Kapolda tetap ada, namun sifatnya individu saja. Dirinya berkeyakinan jika dengan kedewasaan semua pihak dan didukung pihak keamanan, pelaksanaan Suran Agung 2017 akan berjalan lancar.

“Potensi kerawanan tetap ada dan perlu diwaspadai namun itu hanya bersifat individu,” jelas Kapolda.

Nada optimis juga disampaikan oleh Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto. Ia menyampaikan jika lewat koordinasi yang intensif serta terus menerus dengan pihak TNI dan Polri serta tokoh-tokoh Perguruan Silat, maka Kota Madiun akan tetap aman, nyaman serta kondusif.

“Dengan koordinasi yang berkelanjutan dengan TNI dan Polri serta tokoh – tokoh Perguruan Silat maka kota Madiun akan tetap aman, nyaman, dan kondusif, ” ujar Sugeng mantap.

Sementara itu Ketua Paguyuban Pencak Silat Madiun, Murjoko menyampaikan bahwa dirinya sangat berkeyakinan jika nanti dalam pelaksanaannya, masing – masing Perguruan Silat akan taat dengan keputusan bersama tersebut.

“Saya kira semua kegiatan di bulan Suro nanti akan berjalan baik, karena semua hasil kesepakatan sudah disampaikan kepada seluruh anggota perguruan silat yang ada di Kota Madiun,” urai Murjoko.

Diketahui dalam apel tersebut, diikuti oleh peserta dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, serta seluruh jajaran Forkompimda di Eks Karesidenan Madiun.(bud)

Keterangan gambar : Kapolda beserta unsur Forkompimda, serta perwakilan Perguruan Silat menandatangani maklumat bersama.(foto : budiyanto)