ADAKITANEWS, Sidoarjo – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kantor wilayah Jawa Timur I berhasil mengamankan sekitar 30 juta batang rokok ilegal. Rokok ilegal tersebut merupakan penindakan dari Kanwil DJBC Jatim I, KPPBC Tanjung Perak, Juanda, Pasuruan, Sidoarjo, Gresik, Bojonegoro dan wilayah Madura.

Kepala Kanwil Dirjen Bea dan Cukai Jawa Timur, I Decy Arifisyah mengatakan, rokok ilegal senilai Rp 10.780.824.918 itu merupakan penindakan selama Januari hingga April 2017. “Modus pelanggaran rokok ilegal itu menggunakan pita cukai bekas, pita cukai palsu, pita cukai bukan peruntukannya, pita cukai bukan haknya, dan tanpa dilengkapi pita cukai,” jelasnya kepada wartawan, Senin (15/05).

Selain rokok ilegal, Bea Cukai juga berhasil mengamankan pita cukai palsu sebanyak 8.047 lembar dengan total potensi kerugian negara sebesar Rp 1.154.032.577. “Kami juga mengamankan lima orang tersangka, empat orang pemalsu pita cukai dan satu orang pembuat rokok ilegal. Mereka warga Sidoarjo,” katanya.

Decy mengatakan, Sidoarjo adalah daerah yang memiliki tingkat pelanggaran paling tinggi. “Delapan daerah dan yang paling banyak dari Sidoarjo. Pelanggaran ini rata-rata karena menggunakan pita cukai bekas, menggunakan pita cukai palsu, menggunakan pita cukai yang bukan peruntukannya, menggunakan pita cukai yang bukan haknya dan tanpa dilekati pita cukai,” jelasnya.

Meski demikian menurut Decy, penindakan ini sudah menurun dari tahun sebelumnya. “Operasi ini targetnya rokok legal naik dan rokok ilegal turun,” pungkasnya.(sid2)

Keterangan gambar : Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kantor wilayah Jawa Timur I berhasil mengamankan sekitar 30 juta batang rokok ilegal.(foto : mus purmadani)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/05/150517-sid2-sidoarjo-rokok-2-1024x759.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/05/150517-sid2-sidoarjo-rokok-2-150x150.jpgREDAKSIUncategorizedadakitanews,bea cukai,Berita,rokok ilegal,sidoarjo
ADAKITANEWS, Sidoarjo - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kantor wilayah Jawa Timur I berhasil mengamankan sekitar 30 juta batang rokok ilegal. Rokok ilegal tersebut merupakan penindakan dari Kanwil DJBC Jatim I, KPPBC Tanjung Perak, Juanda, Pasuruan, Sidoarjo, Gresik, Bojonegoro dan wilayah Madura. Kepala Kanwil Dirjen Bea dan Cukai Jawa Timur,...