ilustrasi waduk@dakitanews Kendari – Mengantisipasi datangnya musim hujan Dinas PU Kota Kendari telah melakukan pembenahan di dua titik yang rawan banjir,  yakni daerah Wanggu dan Andonoho. Untuk daerah Andonoho dilakukan pelebaran sungai untuk mengantisipasi tingginya debit air. Sedangkan di Wanggu  dibangun tanggul baru untuk mengantisipasi naiknya debit air.

Pembangunan tanggul saat ini dikerjakan Balai Wilayah Sungai dan dijadwalkan akan selesai akhir Desember mendatang. Harapannya daerah sekitar Wanggu dan Andonoho akan terbebas banjir

Pembangunan tanggul Wanggu menjadi prioritas mengingat kecamatan ini menjadi lokasi banjir terparah tahun lalu.  Stuktur pembangunan tanggul  lebih tinggi dari bentuk sebelumnya. Diperkiran pembangunan tanggul menghabiskan anggaran mencapai 24 millar. Pemkot Kedari berharap tanggul dapat menampung debit air yang tinggi.

Sedangkan pelebaran sungai untuk mencegah banjir “Sekarang sedang dikerjakan normalisasi di sungai Andonoho dengan pelebaran sungai 2-3 meter dan dinding kita perkuat dengan blonjo agar dinding sungai tidak tergerus sehingga tidak merusak rumah warga sekitar. Anggaran yang dipakai untuk pembangunan ini mencapai 1 milar lebih. Proyek pelebaran sungai sudah selesai  80% dan di jadwalkan selesai akhir Desember. Kita berharap banjir yang terjadi tahun lalu di Andonoho tidak terjadi lagi,” ucap Efendi, staf bidang perairan PU saat ditemui @dakitanews.com di ruang kerjanya.

Untuk mengantisipasi datangnya musim hujan pemkot juga melakukan pengerukan di sekitar muara-muara dekat laut agar ketika hujan air tidak tertahan di mulut pantai muara. Banyak pekerjaan yang harus dilakukan agar banjir tahun lalu tidak terjadi lagi.(alex)

Keterangan Gambar : ilustrasi pembangunan tanggul Wangu Kendari

RedaksiDaerahjalan di Andonoho,normalisasi,tanggul wangu
@dakitanews Kendari - Mengantisipasi datangnya musim hujan Dinas PU Kota Kendari telah melakukan pembenahan di dua titik yang rawan banjir,  yakni daerah Wanggu dan Andonoho. Untuk daerah Andonoho dilakukan pelebaran sungai untuk mengantisipasi tingginya debit air. Sedangkan di Wanggu  dibangun tanggul baru untuk mengantisipasi naiknya debit air. Pembangunan tanggul saat...