Awal Musim Hujan di Jombang Diprediksi Bulan Depan

1538

ADAKITANEWS JomPuting beliung nganjukbang – Awal musim hujan di Jombang, Jawa Timur, diperkirakan akan mundur, hingga dua bulan dari tahun sebelumnya. Meski di Jombang sendiri di beberapa titik wilayah sudah mulai diguyur hujan, namun Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) belum memastikan bahwa awal musim hujan jatuh lebih awal dari prediksi BMKG (Badan Meteorologi, Klematologi dan Geofisika), yakni awal bulan Desember mendatang.

Kepala BPBD, Nurhuda, mengatakan, berdasarkan prediksi BMKG, mayoritas awal musim hujan di beberapa daerah di Jawa Timur diperkirakan terjadi pada awal bulan November ini. Namun beberapa wilayah termasuk Jombang diprediksikan lebih lambat satu bulan.

“Setelah yang beberapa hari ini ada hujan di Jombang itu kan hujannya juga masih lokal, tidak deras dan waktunya juga pendek. Ternyata dari BMKG belum ada update itu penjelasannya. Saya tetap meprediksi musim hujan itu nanti akan terjadi pada awal Desemer”, kata Nurhuda, Rabu (11/11/15).

Nurhuda menjelaskan, perubahan awal musim hujan di Jombang disebabkan oleh perubahan arah angin dan gejala elnino. Yakni, perubahan penyimpangan atau anomali cuaca pada suhu permukaan Samudera pasifik dan pantai barat Ekuador dan peru yang lebih tinggi daripada rata-rata normalnya.

Dampaknya, kemarau panjang terjadi di beberapa daerah di Jawa timur. bahkan, pada beberapa wilayah merupakan daerah yang dikategorikan terjadi kemarau ekstrim. Bahkan, beberapa wilayah hingga saat ini masih mengalami kekeringan dan krisis air besih. Pihak BPBD sendiri mengaku masih terus melakukan pengiriman bantuan air bersih.(Tari/Jati)

Keterangan Gambar  :  Awal musim Hujan di Jombang diprediksi akan mundur hingga dua bulan  dari  tahun sebelumnya