ADAKITANEWS, Jombang – Setelah 2 minggu pasca purna tugas Kalapas Kelas IIB Kabupaten Jombang, Nur Akhmadi dan digantikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kalapas, Indra Sofyan, sudah terlihat banyak perubahan.

Perubahan yang dilakukan oleh Plt Kalapas, Indra Sofyan ini mulai dari bentuk fisik bangunan hingga agenda kerohanian para penghuni Lapas. Seperti yang ditunjukkan oleh Indra Sofyan saat mengajak Tim Adakitanews.com berkeliling melihat kondisi Lapas, Sabtu (12/08).

Dari bentuk fisik, terlihat ada perubahan pada bangunan masjid di dalam Lapas. “Dulunya masjid ini sangat kecil, sekarang saya perlebar halamannya sehingga bisa menampung semua penghuni lapas,” jelasnya.

Bukan hanya merenovasi masjid, Plt Kalapas juga membuat ruang terbuka hijau yang di dalamnya disediakan sarana olahraga untuk para penghuni lapas. Bangunan tersebut nantinya akan dimanfaatkan oleh penghuni lapas agar selalu bisa menjaga kebugaran dan kesehatan badan pada pagi hari.

Ada juga bentuk monumen dengan tulisan motivasi yang diharapkan bisa mengubah pola berpikir dari penghuni lapas selepas bebas dikemudian hari.

“Saya juga membangun sarana olahraga untuk para napi agar menjaga kesehatan tubuh setiap pagi hari, serta saya bangun prasasti yang di dalamnya ada tulisan motivasi,” lanjutnya.

Selain bangunan fisik, ada juga perubahan lain yang digagas oleh Indra Sofyan, yakni kegiatan kerohanian. Ia menuturkan bahwa untuk agenda kerohanian lebih ditingkatkan. Selain salat wajib, salat sunah diharuskan berjamaah, agenda pengajian dari tokoh kerohanian juga ditingkatkan menjadi 1 minggu 6 kali pengajian.

“Kami juga meningkatkan agenda kerohanian dengan tujuan memberikan bekal agama untuk mereka ketika bebas nanti,” pungkasnya.

Dari beberapa perubahan yang dilakukan Plt Kalapas tersebut, dirasakan langsung oleh salah satu penghuni lapas. Katam, warga Kecamatan Megaluh mengaku merasakan lokasi di lapas semakin membuat nyaman. Yakni yang awalnya terlihat semrawut kini mulai terlihat rapi. “Sekarang sudah mulai rapi, tidak seperti kemarin,” paparnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kasi Pembinaan dan Pendidikan (Kasi Binadi), Affandi A, bahwa perubahan yang dilakukan oleh Plt Kalapas sangat bagus. Sebab hanya dalam waktu 2 minggu bisa membuat perubahan yang begitu berarti. “Perubahannya sangat bagus. Saya mendukung perubahan tersebut, padahal baru 2 minggu beliau di sini,” katanya Affandi.(ar)

Keterangan gambar: Plt Kalapas saat menunjukkan perubahan di Lapas Jombang.(foto:adi rosul)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/08/120817-ar-jombang-lapas-2-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/08/120817-ar-jombang-lapas-2-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,jombang,lapas
ADAKITANEWS, Jombang - Setelah 2 minggu pasca purna tugas Kalapas Kelas IIB Kabupaten Jombang, Nur Akhmadi dan digantikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kalapas, Indra Sofyan, sudah terlihat banyak perubahan. Perubahan yang dilakukan oleh Plt Kalapas, Indra Sofyan ini mulai dari bentuk fisik bangunan hingga agenda kerohanian para penghuni Lapas. Seperti...