ADAKITANEWS, Tulungagung – Jajaran pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Tulungagung mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat, Senin (09/10), untuk melakukan pendaftaran partai.

Selain pengurus, puluhan kader dan simpatisan partai turut mengiringi proses pendaftaran Partai Perindo sebagai calon peserta pemilu 2019, sambil memainkan reog kendang, kesenian khas Tulungagung.

“Kami jajaran pengurus Partai Perindo pada hari ini memasukkan pendaftaran partai, sebagai syarat untuk mengikuti Pemilu 2019 mendatang,” kata Ketua DPD Partai Perindo Tulungagung, Eko Setyono.

Lanjut Eko, kedatangannya ke KPUD Tulungagung sengaja diiringi dengan reog kendang, kesenian khas Tulungagung yang dimainkan oleh jajaran pengurus baik DPD maupun DPC, kader dan simpatisan partai.

“Turut dalam rombongan ini jajaran pengurus DPD dan DPC, serta simpatisan yang memainkan reog kendang. Tampilan reog kendang ini sekaligus upaya kami untuk melestarikan kesenian Tulungagung,” ujar Eko yang juga seorang pengusaha ini.

Eko mengatakan, pihaknya sudah menyerahkan berkas-berkas yang menjadi persyaratan untuk pendaftaran. “Untuk selanjutnya tinggal menunggu hasil verifikasi yang dilakukan oleh KPUD,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPUD Tulungagung, Suprihno, membenarkan bahwa Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tulungagung telah membuka pendaftaran partai politik calon peserta pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019. “Pendaftaran partai politik calon peserta pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019, sudah kita buka sejak Rabu (02/10) sampai dengan Senin (16/10) mendatang,” kata Ketua KPUD Tulungagung, Suprihno.

Dikatakan, selama pendaftaran dibuka, baru dari Partai Perindo yang telah melakukan pendaftaran. “Jajaran pengurus (Partai Perindo,red) telah menyerahkan bendelan berkas untuk dilakukan verifikasi secara administrasi,” imbuh Suprihno.

Suprihno mengingatkan bahwa bagi parpol yang berniat menjadi peserta pemilu 2019 wajib mendaftar ke KPU. Hal itu sebagaimana diatur dalam PKPU 7/2017. Sedangkan untuk proses pendaftaran, nantinya akan dilakukan dalam empat tahap yakni tahap pendaftaran, penelitian administrasi, verifikasi dan penetapan peserta Pemilu 2019.

Sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 17 Tahun 2017, dalam pendaftaran, parpol wajib menyampaikan surat pendaftaran beserta syarat-syarat yang sudah ditentukan. Tidak cuma itu, parpol juga wajib menyerahkan kelengkapan dokumen antara lain daftar nama anggota, fotokopi E-KTP anggota, kartu tanda anggota, serta surat keterangan anggota parpol.

Sebelum melakukan semua tahapan pendaftaran, parpol wajib mengunggah dokumen syarat pendaftaran ke sistem informasi yang telah disediakan KPU yaitu Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). “Parpol yang mendaftar akan dilakukan penelitian administrasi dan verifikasi. Parpol dinyatakan lulus dan dinyatakan sebagai peserta Pemilu 2019 jika memenuhi persyaratan,” ujar Suprihno.(ta1)

Keterangan gambar : Pengurus Partai Perindo saat menyerahkan berkas pendaftaran ke KPUD Tulungagung.(foto : acta cahyono)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews20171009_174511-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews20171009_174511-150x150.jpgREDAKSIPolitikadakitanews,Berita,partai perindo,Pemilu,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Jajaran pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Tulungagung mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat, Senin (09/10), untuk melakukan pendaftaran partai. Selain pengurus, puluhan kader dan simpatisan partai turut mengiringi proses pendaftaran Partai Perindo sebagai calon peserta pemilu 2019, sambil memainkan reog kendang,...