ADAKITANEWS, Kota Blitar – Bazar Blitar Jadoel menjadi salah satu bagian dari peringatan HUT Blitar ke-112. Bahkan kegiatan bazar yang setiap tahun diagendakan oleh Pemerintah Kota Blitar ini, disambut baik oleh kebanyakan masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan menumpuknya pengunjung yang ingin menikmati sensasi kembali ke zaman dulu.

Walikota Blitar, M Samanhudi Anwar mengatakan, acara Pameran Blitar Jadoel merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Kota Blitar untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal masyarakat Blitar.

“Kita memang sengaja memamerkan lewat Bazar (Blitar Jadoel). Jadi kita memang mengajak masyarakat untuk nostalgia lagi. Acara ini sekaligus untuk mengenalkan makanan khas Blitar,” katanya setelah membuka bazar Blitar Jadoel di alun-alun Kota Blitar, Rabu (04/04).

Orang nomor satu di Kota Blitar ini menambahkan, acara akan berlangsung hingga Minggu (08/04) mendatang. Sementara stand pameran Blitar Jadoel, juga akan buka mulai pukul 15.00 – 21.00 WIB. “Alun-alun kita pecah jadi dua. Yang modern di timur sana, tapi kita maksimalkan yang barat di Blitar Jadoel ini,” imbuhnya.

Diketahui, pameran bazar Blitar Jadoel itu diikuti sedikitnya 140 peserta. Dari 140 stan yang tersedia, diisi oleh berbagai lembaga dan komunitas yang ada di Kota Blitar. Mulai dari masyarakat tingkat kelurahan, hingga stan milik Organisasi Perangkat Daerah (OPD), TNI, Polri hingga Bank Indonesia.

Banyak diantara para peserta pameran memamerkan produk yang berkaitan dengan Blitar tempo dulu. Mulai dari olahan makanan khas seperti Cenil, Gethuk, Rambut Nenek, dijual distan pameran.

“Acara pameran Blitar Jadoel juga menampilkan aneka kreasi baik kayu, besi maupun batu serta makanan khas Blitar dan tempo dulu. Nanti kita juga akan pilih 3 stan terbaik yang akan mendapatkan masing-masing satu ekor kambing, uang pembinaan dan penghargaan,” imbuh Arianto, Kepala Disperindag Kota Blitar yang menjadi leading sektor penyelenggara acara.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana hari pertama pembukaan bazar Blitar Jadoel di alun-alun Kota Blitar.(foto : fathan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/adakitanews20180404_210839-1024x574.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/adakitanews20180404_210839-150x150.jpgREDAKSISeni Budayaadakitanews,Berita,blitar,blitar jadoel
ADAKITANEWS, Kota Blitar - Bazar Blitar Jadoel menjadi salah satu bagian dari peringatan HUT Blitar ke-112. Bahkan kegiatan bazar yang setiap tahun diagendakan oleh Pemerintah Kota Blitar ini, disambut baik oleh kebanyakan masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan menumpuknya pengunjung yang ingin menikmati sensasi kembali ke zaman dulu. Walikota Blitar, M...