ADAKITANEWS, Kota Kediri – Kegiatan nobar atau nonton bareng adalah kegiatan menonton sebuah tayangan secara bersama-sama dalam satu perkumpulan di tempat tertentu. Kegiatan ini umumnya dilakukan oleh para penggila sepak bola untuk mendukung tim kesayangannya. Mereka akan tenggelam dalam euphoria keseruan dan seluruh emosi akan tertumpahkan dalam atmosfir tersebut. Nah, bagaimana jika kegiatan ini dilakukan sebagai media belajar Bahasa inggris?

Di sebuah spot di daerah Ngronggo yang diberi nama Belajar Bareng dengan didampingi tutor yang bertugas, melakukan aktifitas nobar sebuah film. Film yang ditampilkan berjudul The Huntsman winter’s war. Film yang mengisahkan tentang perjuangan dan ber-genre action ini menampilkan suasana kolosal peperangan yang difasilitasi oleh warga sekitar dengan LCD Projector dan sound system, membuat warga sekitar pun penasaran dan berbondong-bondong untuk bergabung dengan kelas Teenager ini. Sehingga suasana belajar menjadi sangat hangat pun menjadi sarana berkumpul warga sekitar. Lalu apa manfaatnya?

Film yang diputar sengaja tidak dilengkapi dengan subtitle oleh tutor, sehingga siswa akan di-train kemampuan listening dan guessing mereka. Mereka diberi form observational papers dengan beberapa pertanyaan untuk melhat sejauh mana mereka mampu memahami informasi dalam film baik secara eksplisit maupun implisit. Lalu setelah film usai, tutor melakukan evaluasi, diskusi dan proses tanya jawab dengan para siswa untuk memberikan feedback.

Dihari kedua, siswa diminta untuk sekali lagi melihat film tersebut. Kali ini film sudah dilengkapi dengan subtitle dan siswa dibimbing untuk membuat catatan atas alur, tokoh, perwatakan, kata-kata sulit dan akhirnya siswa mampu sebuah sinopsi terhadap film tersebut.

Menurut tutor yang bertugas disana, kegiatan ini dimaksudkan untuk membiasakan anak belajar dari sesuatu yang menyenangkan dan mudah mereka temui.

“Semua anak suka lihat film, tapi mereka belum sadar bahwa mereka bisa belajar dari situ. Mereka hanya menikmati, lalu sudah. Nah, kita mau ini akan membantu mereka menambah strategi belajar bahasa inggrisnya.” Ungkap Erry, salah satu tutor ketika ditanya tentang alasannya memberikan materi ini.

Disisi lain, acara belajar dengan nobar ini juga mengundang partisipan lain untuk mengkuti kegiatan English Massive di pertemuan berikutnya. Mulai dari berita ini diterbitkan, tercatat ada 2 partisipan baru yang ikut. Setelah ditanya alasanya mereka menjawab bahwa mereka penasaran dan pengen tahu. Adalah Arfa dan dan Rafly, mereka siswa SMA salah satu di sekolah negeri di Kediri.

“Sebelumnya saya tidak tahu bahwa ada program ini di kelurahan saya, setelah saya coba lihat tenyata sangat menyenangkan, saya jadi kepingin gabung”, tutur Arfa, salah satu siswa baru yang kena E-massiveffect.

Program ini memang membutuhkan ide-ide kreatif dan cara-cara unik untuk memudahkan partisipan dalam mengerti dan menguasai Bahasa inggris yang semakin lama semakin penting saja di Era ini. Contohnya saja, dengan kegiatan seperti ini, siswa digiring untuk mampu mengintegrasikan seluruh kemampuan main skill-nya, mulai dari listening the film, lalu discussing (speaking) about it, then reading yang diselaraskan dengan listening (the subtitle) lalu akhirnya membuat final project writing yaitu sebuah sinopsis. Semoga semakin banyak cara-cara unik dan ide-ide kreatif dari para tutor dan semakin banyak masyarakat yang mau bergandeng tangan mendukung program mulia ini.(Adv/Disdik_Kot/Zay)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2016/09/WhatsApp-Image-2016-09-07-at-10.07.01-1024x767-1024x767.jpeghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2016/09/WhatsApp-Image-2016-09-07-at-10.07.01-1024x767-150x150.jpegREDAKSIPendidikan
ADAKITANEWS, Kota Kediri – Kegiatan nobar atau nonton bareng adalah kegiatan menonton sebuah tayangan secara bersama-sama dalam satu perkumpulan di tempat tertentu. Kegiatan ini umumnya dilakukan oleh para penggila sepak bola untuk mendukung tim kesayangannya. Mereka akan tenggelam dalam euphoria keseruan dan seluruh emosi akan tertumpahkan dalam atmosfir tersebut....