perekonomian warga keludFoto0020Foto0019

@dakitanews Kediri – Musibah bencana Gunung Kelud telah delapan bulan berlalu sejak meletus pada tanggal 13 Febuari 2014. Warga dusun Sukomoro, desa Puncu, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri yang letaknya hanya 4-5 km dari titik pusat letusan sekaligus menjadi lokasi terparah dampak letusan Gunung Kelud berusaha memulihkan perekonomiannya.

Daerah perbukitan yang mendominasi wilayah desa ini yang juga jauh dari pusat perdagangan membuat warga berpikir mendalam untuk memulihkan perekonomian. Pembenihan bibit cabai merupakan salah satu usaha yang banyak dijalankan warga sebagai mata pencaharian utama guna mencukupi kebutuhan sehari-hari sebelum memiliki modal untuk usaha yang lain. Pembenihan bibit cabai ini dipilih warga karena selain tidak banyak dana yang dikeluarkan juga sangat mudah perawatannya. Selain itu kondisi wilayah perbukitan yang memang cocok untuk menanam tanaman holtikultura seperti cabai yang saat ini dibuat usaha.

Lukman warga sekitar mengatakan,“pasca letusan kelud warga disini(sukomoro), warga banyak yang bingung untuk membangun kembali ekonomiannya, harta benda dan uang yang dimiliki sudah habis untuk memperbaiki rumahnya yang rusak”.(20/10)

Melihat dari kondisi alam dan letak geografis tersebut akhirnya warga memilih dan mencoba memulihkan ekonominya melalui usaha tersebut, selain untuk dijual bibit-bibit tersebut juga diambil oleh pengepul untuk dijual kedaerah lain.

“bibitnya ya sebagian yang tidak memiliki ladang dijual ke pengepul atau ke warga lain yang memiliki ladang, karena juga tidak terlalu mahal, banyak pengepul yang sampai menjual ke daerah lain”. Imbuh Lukman.

Awalnya usaha pembenihan seperti ini juga sudah dijalankan oleh warga sekitar, namun setelah bencana erupsi Gunung Kelud warga yang sudah tidak punya pilihan lain untuk usaha karena dananya sudah habis untuk memeperbaiki rumah yang memang tidak mendapatkan bantuan dari daerah. Akhirnya banyak warga yang memilih jalan untuk usaha pembenihan bibit cabai.(bimo)

Keterangan Gambar :

RedaksiDaerahkelud
@dakitanews Kediri - Musibah bencana Gunung Kelud telah delapan bulan berlalu sejak meletus pada tanggal 13 Febuari 2014. Warga dusun Sukomoro, desa Puncu, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri yang letaknya hanya 4-5 km dari titik pusat letusan sekaligus menjadi lokasi terparah dampak letusan Gunung Kelud berusaha memulihkan perekonomiannya. Daerah perbukitan yang mendominasi...