141010_054056141010_054340141010_054144@dakitanews Nganjuk – Ratusan warga di Nganjuk, Jawa Timur, berdesakan saling berebut gunungan hasil bumi, walaupun banyak hasil bumi yang terinjak, namun warga tetap mengambilnya untuk dimasak karena diyakini membawa berkah. Kegiatan itu adalah serangkaian acara yang digelar dalam memeriahkan tradisi nyadran.

Begitu doa selesai dipanjatkan, ratusan warga kelurahan/Kecamatan Sukomoro langsung menyerbu dua buah gunungan yang berisi hasil bumi di halaman makam leluhur mereka.

Tak hanya warga dewasa saja, namun anak-anak juga ikut saling berebut buah-buahan yang ada dalam gunungan. Bahkan warga pun sampai rela memungut buah-buahan dan sayuran yang terinjak oleh warga lainya.

Walau saling berdesakan, namun sejumlah warga tak sampai terlibat kericuhan. Warga mengaku sengaja berebut hasil bumi berupa buah-buahan dan sayuran nantinya untuk di masak di rumah, karena diyakini bisa membawa berkah keselamatan bagi yang mengkonsumsinya.

Acara rebutan gunungan hasil bumi ini adalah rangkaian kegiatan tradisi nyadran yang diselenggarakan warga desa setempat setiap tahunnya. “Tujuanya, agar warga melestarikan budaya dan sebagai bentuk wujud rasa syukur kepada tuhan atas hasil panen yang melimpah.” Tandas Umi Fitriana.

Bambang Sulistiyo, perangkat desa setempat menyampaikan, tradisi ini dilakukan semata – mata untuk mengucapkan syukur kepada Sang Maha Agung, agar desanya terlindung dari balak dan mara bahaya serta diberikan hasil panen yang melimpah.

“Tepatnya di hari Jum’at Pahing di bulan Besar pada penanggalan Jawa”, jelas Bambang. Menurut Bambang, warga membawa hasil ladang mereka dan disusun menyerupai tumpeng raksasa yang kemudian diperubutkan oleh warga. Dalam prosesi “nyadran” para petinggi desa dan kecamatan, berseragam layaknya pakaian adat Jawa.

Sebelum acara rebutan gunungan, warga terlebih dulu mengarak gunungan dari rumah kepala kelurahan menuju makam leluhur. Acara ini juga diramaikan warga dengan menampilkan busana tradisional yang berpawai sejauh satu kilometer.(Jati)

Keterangan Gambar : Upacara nyadran yang dilakukan di kelurahan/Kecamatan Sukomoro Nganjuk.

RedaksiDaerahNyadran; Sukomro Nganjuk
@dakitanews Nganjuk - Ratusan warga di Nganjuk, Jawa Timur, berdesakan saling berebut gunungan hasil bumi, walaupun banyak hasil bumi yang terinjak, namun warga tetap mengambilnya untuk dimasak karena diyakini membawa berkah. Kegiatan itu adalah serangkaian acara yang digelar dalam memeriahkan tradisi nyadran. Begitu doa selesai dipanjatkan, ratusan warga kelurahan/Kecamatan Sukomoro...