BNN Kab Kediri Lakukan Tes Urin Pada Supir

14

Kediri(adakitanews.com)—Menjelang perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020, petugas Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kediri melakukan sidak di terminal Pare, Kabupaten Kediri, Selasa (10/12/2019).

Petugas melakukan tes urine kepada puluhan supir angkutan umum. Kegiatan itu dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkotika bagi pengemudi angkutan umum.

Petugas BNN Kabupaten Kediri melaksanakan sidak tes urine itu bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri. Puluhan sopir angkutan umum satu persatu bergantian melakukan tes urine. Usai memberikan simple urine petugas BNN melakukan identifikasi.

Kepala BNN Kabupaten Kediri AKBP Lilik Dewi Indarwati mengungkapkan, petugas meminta para sopir angkutan itu untuk memberikan simple tes urine. Petugas ingin memastikan tidak ada satu supir yang terpengaruh narkotika saat menjalankan kendaraannya.

“Kegiatan ini kita lakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkotika oleh para sopir bus ,” ungkap AKBP Dewi.

AKBP Dewi menambahkan tes urine ini dilakukan untuk untuk menyelamatkan penumpang dan pengemudi. Apalagi saat ini sedang libur sekolah, sehingga banyak yang menggunakan transportasi umum untuk berpergian. Selain itu juga untuk memberantas peredaran narkoba dan narkotika.

AKBP Dewi menghimbau kepada para sopir untuk tidak melanjutkan perjalanannya apabila sedang sakit. Mereka juga diminta untuk beristirahat apabila sedang lelah saat perjalanan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian karena ngantuk atau lelah.

“Tentunya tujuan kita ini untuk menyelamatkan penumpang dan pengemudi. Banyak masyarakat yang memanfaatkan libur natal dan tahun baru untuk berpergian,” jelas Kepala BNN Kabupaten Kediri.(gar).