141009_112959141009_113114141009_113212@dakitanews Nganjuk – Heru Budi Wijanarko,48, Ketua Komnas Perlindungan Konsumen dan Pelaku Usaha (PKPU) Nganjuk kembali meringkuk di sel tahanan. Laki-laki ini diduga telah menggelapkan uang sebesar Rp 40 juta milik Sukirman,45, warga Perum Candirejo Blok T/7 Desa Gejagan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk.

Warga Jl.Diponegoro 78 RT.5/2 Kelurahan Ganung Kidul Kecamatan Nganjuk ini ditahan di Polsek Kota Nganjuk pada Selasa, (7/10). Tersangka yang dikenal sebagai Ketua Komnas PKPU yang berkantor di Jl.Bromo II/5 Kelurahan Ploso Kecamatan Nganjuk ini harus berurusan kembali dengan polisi guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Informasi yang diperoleh @dakitanews.com, tersangka adalah residivis kasus penggelapan dan baru saja keluar dari Rutan Klas IIB Nganjuk. Pelaku sebelumnya telah menjalani vonis hukuman penjara selama delapan bulan dari Pengadilan Negeri Nganjuk atas kasus serupa, yakni tindak pidana penggelapan uang.

Awal Kejadian penggelapan uang ini bermula pada Jumat, 6 Desember 2013 sekitar pukul 09.00 yang lalu. Saat itu pelapor mendatangi rumah sekaligus kantor Komnas PKPU di Jl.Bromo II/5 Kelurahan Ploso Kecamatan Nganjuk. Dengan maksud untuk menemui ketua Komnas PKPU Nganjuk, Heru Budi Wijanarko dan meminta tolong agar urusan hutangnya di KSU Surya Dana Mandiri diselesaikan.

Singkatnya pelapor menitipkan  uang sejumlah Rp 40 juta kepada pelaku untuk menutup hutangnya ke pihak KSU. Atas penyerahan uang itu oleh tersangka dibuatkan kwitansi tanda terima dan surat kuasa dengan kop Komnas PKPU Nganjuk dengan perjanjian dalam tempo kurang lebih 2 minggu urusan hutang pelapor akan beres.

Sesuai waktu yang dijanjikan itu, ternyata pihak KSU masih terus – menerus menagih pelapor dan ternyata uang titipannya tidak dibayarkan ke Koperasi. Pelaku akhirnya dilaporkan ke Polsekta Nganjuk.

Mendapat laporan, petugas Polsekta Nganjuk langsung melakukan penyelidikan dan diperoleh kabar jika pelaku masih mendekam di rutan Nganjuk. Setelah diperoleh kepastian bahwa pelaku akan keluar dari rutan, selanjutnya unit satreskrim Polsekta Nganjuk langsung meringkusnya.

Kapolsekta Nganjuk Kompol M.Damin, membenarkan telah menangkap pelaku penggelapan. “Pelaku beserta barang bukti kita amankan guna proses lebih lanjut,”terangnya.  (Kmto/Jati)

Keterangan Gambar : Pelaku saat ditahan di Mapolsek Kota Nganjuk

RedaksiHukum KriminalKomnas Perlindungan konsumen dan Pelaku usaha,penggelapan,tilap
@dakitanews Nganjuk - Heru Budi Wijanarko,48, Ketua Komnas Perlindungan Konsumen dan Pelaku Usaha (PKPU) Nganjuk kembali meringkuk di sel tahanan. Laki-laki ini diduga telah menggelapkan uang sebesar Rp 40 juta milik Sukirman,45, warga Perum Candirejo Blok T/7 Desa Gejagan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Warga Jl.Diponegoro 78 RT.5/2 Kelurahan Ganung Kidul...