2015-10-24_18.51.36ADAKITANEWS, Kediri – Bulan Suro dalam penanggalan Jawa merupakan momentum untuk melakukan ritual untuk mendekatkan diri pada sang pencipta. Demikian juga dengan masyarakat lereng Gunung Kelud, mereka menggelar ritual tolak balak untuk mendapatkan berkah dan keselamatan.

Ratusan warga Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, yang merupakan desa paling ujung di kawasan Gunung Kelud, menggelar upacara sesaji. Upacara ini merupakan ritual tahunan pada bulan Suro untuk menandai datangnya tahun baru Jawa.

2015-10-24_18.52.00“Ini merupakan acara rutin setiap satu tahun sekali di bulan Suro untuk menyambut datangnya tahun baru Jawa. Upacara ini merupakan tradisi masyarakat Desa Sugihwaras mensyukuri berkah rejeki, keselamatan dan kesehatan dari sang maha kuasa,” ungkap Suprapto, salah seorang perangkat desa setempat.

Ia mengatakan, kawasan Gunung Kelud telah memberikan berkah kehidupan pada masyarakat sekitarnya. Kendati kawasan itu merupakan gunung berapi, namun kesuburan kawasan itu menghasilkan berbagaimacam hasil bumi yang menjadi sumber mata pencarian masyarakat.

“Wilayah ini memang lahan subur, banyak yang dihasilkan dari pertanian di lahan ini. Namun untuk tetap menjaga kearifan dan keseimbangan lingkungan serta untuk memupuk rasa syukur masyarakat pada pemberian sang kuasa, tradisi ini tetap kita lestarikan. Supaya kita dan seluruh masyarakat tidak semena-mena pada alam yang juga ciptaan tuhan,” ujarnya.

Dalam upacara itu, seluruh warga membawa sesaji berupa hasil bumi yang selama ini mereka dapatkan dari kawasan Gunung Kelud. Sesaji tersebut, kemudian diarak ke sekitar kawah gunung untuk dilakukan ritual bersama. Untuk selanjutnya, warga berebut sesaji hasil bumi yang diyakini akan membawa berkah pada diri dan keluarganya. (zay).

Keterangan Gambar : Ritual Tolak Balak pada Bulan Suro di Puncak Gunung Kelud Kediri

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/10/2015-10-24_18.52.00.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/10/2015-10-24_18.52.00-150x150.jpgRedaksiSeni Budayagunung,kediri,kelud,Ritual,Suro,tolak balak
ADAKITANEWS, Kediri - Bulan Suro dalam penanggalan Jawa merupakan momentum untuk melakukan ritual untuk mendekatkan diri pada sang pencipta. Demikian juga dengan masyarakat lereng Gunung Kelud, mereka menggelar ritual tolak balak untuk mendapatkan berkah dan keselamatan. Ratusan warga Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, yang merupakan desa paling ujung di...