f-Dijebloskan@dakita Nganjuk – Suparman ,67, mantan ketua DPD Golkar Kabupaten Nganjuk, terpidana kasus pembunuhan Adam Malik tahun 2002 silam itu, akhirnya dijemput paksa oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Nganjuk dari tempat persembunyiannya. Dia dijemput di rumah saudaranya yang berada di Malang dan langsung dijebloskan ke rutan klas IIB Nganjuk, Jumat, 19/9/2014 sekitar pukul 17.00.WIB.

Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri Nganjuk, Anggi Digdo, SH menerangkan bahwa, terpidana harus melaksanakan putusan Mahkamah Agung. “Sesuai putusan MA, hukuman penjara selama delapan belas tahun, sebelumnya dia diputus bebas di pengadilan negeri Nganjuk dan pengadilan tinggi, setelah kami kasasi dia diputus bersalah,” terang Anggi.

Seperti diketahui, Suparman bersama Sunarji, mantan anggota DPRD Kabupaten Nganjuk ini pernah di putus bebas oleh pengadilan negeri nganjuk dan pengadilan tinggi jawa timur, dalam dakwaan terlibat kasus terbunuhnya mantan Wakil Sekretaris Golkar Nganjuk Adam Malik. Namun pihak kejaksaan akhirnya mengajukan kasasi ke MA atas putusan pengadilan tersebut hingga akhirnya divonis 18 tahun penjara.

Seperti diberitakan Suparman dan Sunarji sempat didakwa terlibat dalam pembunuhan Adam Malik yang terjadi 24 Mei 2002 silam. Ini setelah dua eksekutor pembunuhan Sukarno dan Imam Basori mengaku yang menyuruh mereka membunuh Adam Malik bukanlah Adi Wibowo, melainkan Suparman dan Sunarji.

Namun dalam persidangan, majelis hakim menyatakan keduanya tidak terbukti terlibat dalam pembunuhan tersebut. Akan tetapi pihak kejaksaan tetap berkeyakinan bahwa Suparman dan Sunarji ikut andil atas pembunuhan berencana terhadap Adam Malik. Hal ini berdasarkan alat bukti yang ada, baik itu berupa keterangan saksi-saksi dan petunjuk yang lainnya.

Kini disaat usia yang sudah udzur dan sakit – sakitan, orang yang pernah melakukan sumpah pocong bersama partnernya, Sunarji ini harus mendekam dalam hotel prodeo milik Departemen Hukum dan Ham. (Kmto/Jati)

 

RedaksiHukum Kriminal
@dakita Nganjuk - Suparman ,67, mantan ketua DPD Golkar Kabupaten Nganjuk, terpidana kasus pembunuhan Adam Malik tahun 2002 silam itu, akhirnya dijemput paksa oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Nganjuk dari tempat persembunyiannya. Dia dijemput di rumah saudaranya yang berada di Malang dan langsung dijebloskan ke rutan klas IIB Nganjuk, Jumat,...