ADAKITANEWS, Blitar – Beberapa hari terakhir ini, publik dikejutkan dengan temuan cacing mati di salah satu produk ikan makarel dalam kemasan. Hal ini diawali dari sebuah video penemuan cacing dalam produk ikan kaleng tersebut di Kepulauan Riau. Video tersebut dengan cepat menjadi viral dan meresahkan masyarakat.

Melihat keresahan masyarakat ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (Badan POM RI) turun tangan. Badan POM RI menguji 541 sampel ikan makarel dalam kemasan yang terdiri dari 66 merek yang diperjualbelikan di Indonesia. Langkah tersebut menghasilkan temuan adanya 27 merek yang dipasarkan di Indonesia positif bercacing.

Untuk mencegah peredaran ikan kaleng bercacing, Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), dalam waktu dekat dipastikan akan segera melakukan sweeping atau sidak ke beberapa toko dan distributor besar di wilayah Kabupaten Blitar.

“Untuk saat ini kita masih melakukan koordinasi dengan instansi terkait, seperti dari Dinas Kesehatan dan Satpol PP Kabupaten Blitar untuk melakukan sidak ke beberapa toko yang ada di wilayah Kabupaten Blitar,” kata Puguh Imam Santoso, Kepala Disperindag Kabupaten Blitar, Selasa (03/04).

Lebih lanjut Puguh menuturkan, bagi masyarakat yang terbiasa mengonsumsi makanan kemasan agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan ketelitian ketika membeli hingga mengonsumsi produk itu. Karena produk ikan kalengan yang dipastikan bercacing ini, mereknya juga sudah tidak asing lagi. Yang artinya masyarakat mungkin sudah terbiasa mengkonsumsinya.(fat/wir)

 

Keterangan gambar: Sidak makanan kaleng di Tulungagung beberapa waktu lalu(dok. Adakitanews.com)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/020418-bac-tulungagung-kaleng-1-1024x683.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/020418-bac-tulungagung-kaleng-1-150x150.jpgREDAKSIKesehatanadakitanews,Berita,blitar,cacing,makanan kaleng
ADAKITANEWS, Blitar - Beberapa hari terakhir ini, publik dikejutkan dengan temuan cacing mati di salah satu produk ikan makarel dalam kemasan. Hal ini diawali dari sebuah video penemuan cacing dalam produk ikan kaleng tersebut di Kepulauan Riau. Video tersebut dengan cepat menjadi viral dan meresahkan masyarakat. Melihat keresahan masyarakat ini,...