Daftar Antre Lewat SMS di RSUD dr Iskak Tulungagung, Berhadiah

1471

ADAKITANEWS, Tulungagung – Inovasi berbasis teknologi terus dikembangkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Iskak Tulungagung. Setelah sukses membuat gebrakan layanan Public Safety Centre (PSC), yakni layanan kegawat daruratan terpadu yang dirintis sejak tahun 2015 dan menjadi kiblat bagi daerah lain yang menyelenggarakan layanan sejenis, kini RSUD dr Iskak kembali mengembangkan layanan sistem antre.

Layanan sistem antre ini telah diluncurkan sejak bulan September 2017 lalu. Inovasi berbasis teknologi informasi ini berupa program pendaftaran berobat jalan di poliklinik, dengan cukup hanya mengirim pesan singkat SMS. Layanan ini diperkenalkan dengan sebutan Poetri (Pendaftaran Online Tanpa Antre).

Dalam perkembangannya, hingga saat ini telah banyak pasien yang memanfaatkan layanan ini. Setidaknya dalam sehari ada sekitar 120 calon pasien yang mendaftar lewat SMS. Karena selain lebih praktis, bagi calon pasien sistem tersebut juga dianggap lebih tenang, karena tahu pada jam berapa pasien akan mendapatkan pelayanan, selain itu juga tidak perlu mengantre terlalu lama. Karena begitu tiba di loket pendaftaran, tinggal menyerahkan berkas berobat dan segera terlayani.

Tidak hanya itu, kini bahkan RSUD dr Iskak Tulungagung telah menyediakan berbagai hadiah bagi yang menggunakan layanan ini. Hal ini sebagai bentuk penghargaan bagi yang telah memanfaatkan layanan Poetri.

“Pemberian reward berupa hadiah ini, atas masukan dari bapak Bupati, Syahri Mulyo, yang kemudian direspon positif oleh bapak Supriyanto, selaku direktur RSUD dr Iskak Tulungagung,” kata Humas RSUD dr. Iskak, Mohammad Rifai, Sabtu (20/01).

Lanjut Rifai, hadiah yang disediakan diantaranya berupa sepeda gunung, dan puluhan hadiah lainnya yang nilainya mencapai jutaan rupiah.

“Ketika calon pasien melakukan registrasi untuk konfirmasi lewat SMS, maka dia akan mendapat 1 kupon undian. Sedangkan pengundian akan dilakukan pada bulan April 2018, untuk periode pertama. Kemudian untuk periode kedua pada bulan Agustus 2018,” ujar Mohammad Rifai.

Rifai menjelaskan, untuk mendaftar antrean, pasien cukup mengetik SMS: Untuk pasien lama umum, Daftar#no.rekammedis#nama#poli tujuan#umum. Untuk pasien lama BPJS, Daftar#no.rekam medis#nama#politujuan#BPJS. Sedangkan untuk pasien baru, Baru#nama#tanggallahir#poli tujuan#kepesertaan (umum/BPJS). SMS tersebut dikirim ke 082333553066. Setelah SMS terkirim, pasien akan mendapatkan jawaban nomor antean, jam terlayani, akan dilayani di loket mana, dan sebagainya. Pendaftaran lewat SMS ini, bisa dilakukan sehari sebelum pemeriksaan pada hari kerja.(adv/rsudrdiskak/bac)

Keterangan gambar : Mohammad Rifai, saat melakukan sosialisasi program pendaftaran lewat SMS.(ist)