ADAKITANEWS, Blitar – Marianto, 48, warga Dusun Parang RT 2/RW 1 Desa Semen Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar, Selasa (26/09) lalu mengaku telah menemukan uang logam atau koin cina kuno berkarat, seberat 3 kilogram dengan jumlah 760 keping di belakang rumahnya saat mencari jamur.

Saat ditemui di lokasi penemuan, Marianto mengaku, sebelumnya pada Senin (28/09) ia mencari jamur di belakang rumahnya. Kemudian, malam harinya ia bermimpi ditemui 2 orang tua untuk kembali mencari jamur di belakang rumahnya. Melalui petunjuk mimpi itu keesokan harinya ia kembali mencari jamur di lokasi yang sama mencari jamur dan menemukan koin bertuliskan bahasa cina sebanyak 2 ikat.

“Setelah saya menemukan koin ini tergeletak di tempat saya mencari jamur, saya penasaran dan menggali lubang sekitar 1 meter namun tidak menemukan koin lagi,” jelas Marianto, Senin (02/10).

Sementara itu, Kapolres Blitar AKBP Slamet Waloya, membenarkan penemuan koin cina kuno tersebut. Dijelaskannya, bahwa koin itu diserahkan melalui Bhabinkamtibnas pada Minggu (01/10) ke Polsek Gandusari. Saat ini ratusan keping koin ini sudah berada di Mapolres Blitar. Selain itu, pihaknya juga sedang berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan Mojokerto.

“Rencananya hari ini salah satu staf dari Trowulan akan melakukan pengecekan terhadap koin maupun di lokasi penemuannya,” kata Kapolres, Senin (02/10).

Lebih lanjut AKBP Slamet Waloya menjelaskan, saat ini pihaknya belum mengetahui jenis koin tersebut. Namun ini diduga merupakan peninggalan dari masa lalu. Sehingga koin ini nanti akan diteliti, baik dari segi jenis, umur, maupun kegunaan koin tersebut.

“Untuk mengamankan lokasi penemuan, polisi sudah memasang police line. Selain itu juga untuk melindungi dari hal yang tidak diinginkan sambil menunggu kedatangan staf dari Trowulan,” terangnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Marianto saat menunjukkan lokasi penemuan koin cina kuno.(foto : fathan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/021017-fat-blitar-koin-2-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/021017-fat-blitar-koin-2-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,blitar,koin kuno
ADAKITANEWS, Blitar - Marianto, 48, warga Dusun Parang RT 2/RW 1 Desa Semen Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar, Selasa (26/09) lalu mengaku telah menemukan uang logam atau koin cina kuno berkarat, seberat 3 kilogram dengan jumlah 760 keping di belakang rumahnya saat mencari jamur. Saat ditemui di lokasi penemuan, Marianto mengaku,...