ADAKITANEWS, Sidoarjo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo telah memutuskan perubahan Daerah Pemilihan dan alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidoarjo dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang. Perubahan itu dikarenakan adanya faktor volume penduduk di Kota Delta yang mengalami peningkatan cukup tinggi.

Ketua KPU Sidoarjo, Zainal Abidin menjelaskan, kepastian itu ada setelah pengajuan perubahan Dapil oleh KPU Sidoarjo dikirim ke KPU Pusat, dan dikeluarkannya Keputusan KPU RI Nomor 278/PL.01.3-Kpt/o6/IV/2018 yang ditetapkan pada Rabu (04/04) lalu, tentang penetapan daerah pemilihan dan pengalokasian kursi DPRD Sidoarjo.

“Dan kini daerah pemilihan pada Pileg tahun 2019 mendatang sudah diketahui setelah surat keputusan dari pusat keluar,” tutur Zainal saat dikonfirmasi Tim Adakitanews.com melalui telepon, Jumat (13/04).

Sesuai keputusan tersebut, Dapil Sidoarjo 1 terdiri dari Kecamatan Buduran, Sedati, dan Sidoarjo dengan jumlah alokasi 10 kursi. Dapil Sidoarjo 2 terdiri dari Kecamatan Candi, Tanggulangin, Porong, dan Jabon dengan jumlah alokasi 8 kursi, Dapil Sidoajro 3 ada Kecamatan Krembung, Prambon, Tulangan, dan Wonoayu dengan jumlah alokasi 8 kursi, Dapil Sidoarjo 4 ada Kecamatan Balongbendo, Krian, dan Tarik dengan jumlah alokasi 7 kursi.

Dapil Sidoarjo 5 terdiri dari Kecamatan Sukodono dan Taman dengan jumlah alokasi 9 kursi, serta yang terakhir adalah Dapil Sidoarjo 6 yang mencakup wilayah Kecamatan Waru dan Gedangan dengan jumlah alokasi 8 kursi.

Diketahui sebelumnya, rencana perubahan dapil memang telah ada sejak beberapa waktu lalu. Dan setelah dilakukan rapat internal, ada beberapa usulan model dapil diantaranya adalah perubahan wilayah.

Meskipun berubah pada jumlah wilayah, Zaenal mengatakan bahwa jumlah dapil di Kabupaten Sidoarjo untuk Pileg 2019 nanti tetap berjumlah enam. “KPU Pusat memutuskan, jadi ya itu model dari beberapa model yang kita kirim dulu. Dan nanti yang dipakai dalam Pemilu 2019 adalah yang diputuskan oleh KPU
pusat ini,” tandasnya.(sid3)

Keterangan gambar : Gambar geografis Dapil yang akan digunakan pada Pileg Sidoarjo tahun 2019.(ist)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/130418-sid3-sidoarjo-dapil.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/130418-sid3-sidoarjo-dapil-150x150.jpgREDAKSIPolitikadakitanews,Berita,dapil,pileg 2019,sidoarjo
ADAKITANEWS, Sidoarjo - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo telah memutuskan perubahan Daerah Pemilihan dan alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidoarjo dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang. Perubahan itu dikarenakan adanya faktor volume penduduk di Kota Delta yang mengalami peningkatan cukup tinggi. Ketua KPU Sidoarjo,...