ADAKITANEWS, Blitar – Jumlah koperasi di Kabupaten Blitar mencapai ratusan. Namun demikian menurut Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Blitar, Sutoyo, dari sekian banyak jumlah koperasi tersebut tidak semuanya aktif. Maka dari itu, pihaknya meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar dalam hal ini Dinas Koperasi untuk membubarkan koperasi yang tidak aktif.

“Kita minta bubarkan saja. Pasalnya, kita juga khawatir koperasi yang tidak aktif menjadi kedok penipuan kepada masyarakat,” katanya saat dihubungi melalui telepon, Jumat (21/04).

Sutoyo mengaku, pernah meminta kepada koperasi yang mati suri untuk mengaktifkan kembali. Namun kenyataannya tidak banyak yang mau memprosesnya lagi. Untuk itu mulai saat ini, Dinas Koperasi wajib terus mendata status koperasi yang ada di Kabupaten Blitar. “Eksekutif harus lebih rajin mendata dan memvalidkan data, mana koperasi yang aktif dan mana yang tidak aktif,” ungkapnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar, Indra Gunawan mengatakan, total jumlah koperasi di Kabupaten Blitar ada 950 koperasi. Dan memasuki di pertengahan tahun 2017 ini, sudah ada sekitar 20 koperasi yang resmi dibubarkan Pemerintah Pusat. “20 koperasi ini tidak aktif, meskipun sudah kami ingatkan untuk mengaktifkan koperasinya. Tetapi 20 koperasi itu tidak bisa memenuhi anggaran dasar dan rumah tangganya,” ungkapnya, Kamis (20/04).

Selain itu, lanjut Indra, beberapa koperasi dinyatakan telah melanggar ketertiban umum dan adanya permasalahan internal di koperasi ini juga menjadi penyebab koperasi tidak aktif. “Koperasi yang dibubarkan itu juga sudah tidak pernah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan atau RAT yang menjadi syarat utama suatu koperasi dinyatakan aktif,” tandasnya.(blt2)

Keterangan foto: Sutoyo, Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/04/210417-blt2-blitar-koperasi-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/04/210417-blt2-blitar-koperasi-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,blitar,dprd kabupaten blitar,koperasi
ADAKITANEWS, Blitar - Jumlah koperasi di Kabupaten Blitar mencapai ratusan. Namun demikian menurut Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Blitar, Sutoyo, dari sekian banyak jumlah koperasi tersebut tidak semuanya aktif. Maka dari itu, pihaknya meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar dalam hal ini Dinas Koperasi untuk membubarkan koperasi yang tidak aktif. 'Kita...