ADAKITANEWS, Kediri – DPRD Kabupaten Kediri menggelar Rapat Paripurna dengan 4 buah agenda kegiatan, Senin (02/04) malam.

Dalam rapat yang digelar di Ruang Graha Sabba Canda Bhirawa Gedung DPRD Kabupaten Kediri tersebut, disampaikan Laporan Hasil Kegiatan Komisi–Komisi Masa Persidangan I Tahun Sidang 2017/2018, Laporan Hasil Reses DPRD Kabupaten Kediri Masa Persidangan II Tahun Sidang 2017/2018, Persetujuan Bersama 1 buah Raperda , dan penyampaian LKPJ Bupati Kediri Akhir Tahun Anggaran 2017.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Arief Junaidi menjelaskan bahwa agenda Rapat Paripurna tersebut tergolong sangat penting, karena akan ada penyampaian Laporan Hasil Kegiatan Komisi-Komisi dan Laporan Hasil Kegiatan Reses DPRD kepada Pemerintah Daerah, yang secara simbolis akan diserahkan oleh Pimpinan DPRD kepada Bupati Kediri.

“Hal ini sangat penting karena kedua laporan tersebut berisikan tentang aspirasi warga masyarakat yang disampaikan kepada Anggota DPRD saat melaksanakan reses di daerah pemilihannya masing-masing. Dan sangat diharapkan aspirasi tersebut diperhatikan dan ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah. Ada juga tentang hasil-hasil pengawasan DPRD melalui Komisi-Komisi,” jelasnya.

Selain 2 agenda tersebut, dalam Rapat Paripurna tersebut juga dilakukan persetujuan bersama 1 buah Raperda Kabupaten Kediri, yaitu Raperda tentang Perubahan Perda Nomor 11 Tahun 2011 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga.

“Dengan mendasarkan hasil rapat dan Laporan Pansus II yang telah menyelesaikan pembahasan Raperda Kabupaten Kediri tentang Perubahan atas Perda Nomor 16 Tahun 2011 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga, dapat disimpulkan bahwa Raperda tersebut telah layak dan memenuhi syarat untuk ditetapkan, baik dari aspek legal formal, muatan materi dan redaksionalnya. Sehingga sangat diharapkan Raperda tersebut segera mendapatkan persetujuan bersama” terang Arief Junaidi.

Sementara itu Bupati Kediri, dr Hj Haryanti Sutrisno dalam sambutannya menjelaskan bahwa Raperda tentang Perubahan atas Perda Nomor 16 Tahun 2011 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga merupakan payung hukum bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah untuk memungut retribusi.

“Dengan adanya penambahan objek wisata baru di wilayah Kabupaten Kediri, diharapkan dapat meningkatkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” katanya.

Selain itu, lanjut Bupati, Raperda ini juga menghapus beberapa retribusi objek wisata lama, dikarenakan pengelolaan kawasan pariwisata tersebut dilaksanakan oleh pihak lain. “Serta kawasan pariwisata yang rusak oleh bencana alam dan tidak memungkinkan dipergunakan sebagai obyek wisata lagi,” tambahnya.

Agenda terakhir dalam Rapat Paripurna pada Senin (02/04) tersebut adalah Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Bupati Kediri Akhir Tahun Anggaran 2017, yang merupakan salah satu kewajiban Kepala Daerah sebagaimana amanah Undang–Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Bupati menyampaikan bahwa LKPJ Akhir Tahun Anggaran 2017 disusun berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2016–2021, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2017, Perda Kabupaten Kediri Nomor 11 Tahun 2016 tentang APBD Tahun Anggaran 2017, serta Perda Kabupaten Kediri Nomor 10 Tahun 2017 tentang PAPBD Tahun Anggaran 2017.

“Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Akhir Tahun Anggaran 2017 merupakan informasi penyelenggaraan pemerintah daerah selama tahun anggaran 2017,” jelasnya.

Di akhir sambutan, Bupati Kediri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan serta kerjasamanya dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kabupaten Kediri. “Juga dalam pembahasan Raperda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2011 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga, yang didasarkan atas komitmen bersama sebagai perwujudan amanah dan tanggung jawab secara sinergis seluruh komponen baik Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Kediri,” pungkasnya.

Untuk diketahui, selain pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Kediri, dalam rapat tersebut juga hadir anggota Forkopimda Kabupaten Kediri, Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri, serta seluruh Pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah.(adv/dprdkabkediri/kur)

Keterangan gambar: Penyampaian Laporan Hasil Kegiatan Komisi-Komisi dan Laporan Hasil Kegiatan Reses DPRD kepada Bupati Kediri.(dok. DPRD Kabupaten Kediri)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/adakitanews20180404_202656.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/adakitanews20180404_202656-150x150.jpgREDAKSIAdvertorialadakitanews,Berita,dprd kabupaten kediri,kediri
ADAKITANEWS, Kediri - DPRD Kabupaten Kediri menggelar Rapat Paripurna dengan 4 buah agenda kegiatan, Senin (02/04) malam. Dalam rapat yang digelar di Ruang Graha Sabba Canda Bhirawa Gedung DPRD Kabupaten Kediri tersebut, disampaikan Laporan Hasil Kegiatan Komisi–Komisi Masa Persidangan I Tahun Sidang 2017/2018, Laporan Hasil Reses DPRD Kabupaten Kediri Masa...