ADAKITANEWS, Tulungagung – Merasa ditipu Koperasi Syariah (Kopsyah) BMT Nusa yang berada di Desa Tanggulwelahan Kecamatan Besuki Tulungagung, puluhan orang yang mengaku sebagai nasabah mendatangi Mapolres Tulungagung, Kamis (08/03).

Dengan membawa sejumlah bukti diantaranya berupa kuitansi dan buku tabungan, mereka melaporkan ke Polres Tulungagung atas dugaan penipuan dan penggelapan uang nasabah yang dilakukan oleh Koperasi Syariah BMT Nusa.

Salah satu nasabah, Eni Widyawati mengaku dirinya sejak tahun 2013 sudah menjadi nasabah di Koperasi Syariah BMT Nusa. Sementara dana yang dia simpan di koperasi tersebut, adalah sejumlah Rp 175 juta.

“Kalau nasabahnya ada sekitar 200 nasabah. Mereka menabung sejak tahun 2012 yang jumlah tabungannya bervariasi,” kata Eni Widyawati.

Lanjut Eni, rata-rata nasabah tergiur iming-iming bunga yang dijanjikan oleh pihak koperasi yakni sebesar 1,8 persen perbulan.

“Di awal-awal tahun bunganya lancar. Namun sejak tahun 2014 pemberian janji berupa bunga sebesar 1,8 persen mulai tidak lancar. Kalau nasabah menanyakan kepada pihak koperasi, hanya diberikan janji untuk segera diselesaikan,” katanya.

Hal yang sama dialami Bejan, yang mengaku secara bertahap telah menyetorkan uang ke Kopsyah BMT Nusa, hingga total jumlahnya mencapai Rp 83 juta.

“Uang saya yang berada di BMT Nusa Rp 83 juta. Uang tersebut saya setorkan melalui rekening istri saya sejak tahun 2012. Rencananya setelah terkumpul akan saya pergunakan untuk biaya ibadah haji,” ujar Bejan.

Diperkirakan dari sekitar 200 nasabah, uang yang terkumpul di Kopsyah BMT Nusa, baik itu meliputi tabungan maupun model deposito jumlahnya mencapai lebih dari Rp 7 miliar.

Sementara itu saat dikonfirmasi, Kasatreskrim Polres Tulungagung, AKP Mustijat Priambodo membenarkan adanya laporan dugaan penipuan yang dilakukan Kopsyah BMT Nusa.(bac)

Keterangan gambar : Nasabah Koperasi Syariah BMT Nusa saat melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan di Polres Tulungagung.(foto : acta cahyono)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/adakitanews20180309_022734-1024x574.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/adakitanews20180309_022734-150x150.jpgREDAKSIHukum Kriminaladakitanews,Berita,bmt nusa,koperasi syariah,penggelapan,penipuan,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Merasa ditipu Koperasi Syariah (Kopsyah) BMT Nusa yang berada di Desa Tanggulwelahan Kecamatan Besuki Tulungagung, puluhan orang yang mengaku sebagai nasabah mendatangi Mapolres Tulungagung, Kamis (08/03). Dengan membawa sejumlah bukti diantaranya berupa kuitansi dan buku tabungan, mereka melaporkan ke Polres Tulungagung atas dugaan penipuan dan penggelapan uang...