Bu Dewi Dinsos 20141105_015049@dakitanews Kota Kediri – Lebih dari satu bulan PT. Gudang Garam Tbk melaksanakan program karyawan pensiun dini dan ribuan karyawan Gudang Garam yang telah mengambil programini. Dengan iming-iming karyawan mendapatkan pesangon, Jamsostek, pelatihan, dan tunjangan kesehatan.

“Karyawan Gudang Garam yang kretek itu sekitar 18 ribu karyawan” papar Ir. Dewi Sartika Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (DINSOSNAKER) Kota Kediri saat ditemui oleh tim adakitanews.com pada Jum’at (14/11).

Hanya karyawan usia di atas 49 tahun yang dapat mengambil program pensiun dini. Dari ribuan karyawan yang terkena pensiun dini, Ir. Dewi mengatakan rata-rata karyawan pensiun karena keinginan mereka sendiri. “Mereka mendapatkannya setelah dihitung-hitung lebih untung, karena mereka merasa sudah tua tidak lagi bisa bekerja bagus. Dengan cuma lulusan SD mendapatkan uang 50 juta jadi sudah alhamdulillah” kata Ir Dewi Sartika.

Terkait seberapa besar warga Kota Kediri yang mengambil program pensiun dini Dinsos memperkirakan tidak terlalu besar “Yang dari Kota Kediri kecil sampai sekarang data itu belum masuk saya perkirakan tidak ada 10% ” terangnya.

Namun saat ditanya apakah sudah adakah data realnya, Dewi mengatakan Dinsosnaker belum meiliki datanya “Kita belum mendapatkan data yang resmi berapa jumlah karyawan yang di PHK di Kota Kediri” katanya. Dengan dalih Dinsosnaker sudah mengajukan surat resmi untuk mendapatkan data real karyawan yang pensiun dini “Kita sudah mengajukan secara resmi untuk mendapatkan datanya” ungkap Ir. Dewi Sartika.

Lebih lanjut Ir Dewi juga memiliki gagasan untuk memberikan pelatihan kepada keluarga karyawan yang mengambil pensiun dini itu. “Kami merencakan orang-orang yang ter PHK itu akan kita beri pelatihan. Pelatihan itu bukan untuk ibu-ibu yang sudah tua karena mereka sudah tidak produktif maka kita akan memberikan pelatihan itu untuk keluarganya”

Ir Dewi juga mengatakan jenis-jenis pelatihan bisa berupa pertukangan, menjahit, montir, usaha laundry dan lain sebagainya “Kita belum bisa memastikan program apa yang tepat untuk mereka karena kita belum memiliki data realnya” paparnya.

Pelatihan-pelatihan itu juga untuk mengantisipasi agar kejahatan-kejahatan sosial di Kota Kediri tidak meningkat setelah adanya pensiun secara besar-besaran ini. (zay)

Keterangan Gambar : Dr.Ir Dewi Sartika, Kepala Dinsosnakertrans Kota Kediri

REDAKSIPolitikpensiun dini,pt. gudang garam
@dakitanews Kota Kediri – Lebih dari satu bulan PT. Gudang Garam Tbk melaksanakan program karyawan pensiun dini dan ribuan karyawan Gudang Garam yang telah mengambil programini. Dengan iming-iming karyawan mendapatkan pesangon, Jamsostek, pelatihan, dan tunjangan kesehatan. “Karyawan Gudang Garam yang kretek itu sekitar 18 ribu karyawan” papar Ir. Dewi Sartika Kepala...