ADAKITANEWS, Tulungagung – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Tulungagung memenuhi janjinya untuk menyerahkan hasil verifikasi terkait adanya temuan hasil pencocokan dan penelitian (Coklit).

Dalam rilis data Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pilkada Tulungagung 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung menyatakan bahwa masih ada sebanyak 21.741 penduduk di Kabupaten Tulungagung yang belum memiliki KTP elektronik (e-KTP).

“Sesuai janji saya untuk segera menyampaikan hasil verifikasi dari Dispendukcapil, siang ini saya serahkan pada KPU,” kata Kepala Dispendukcapil, Justi Taufik, Kamis (29/03) di Kantor KPU Tulungagung.

Justi Taufik menyatakan pihaknya melakukan verifikasi terhadap data dari KPU yang jumlahnya sebanyak 21.741 yang diragukan belum memiliki e-KTP.

“Setelah kita lakukan verifikasi, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan terjadinya perbedaan data tersebut,” ujarnya.

Justi memperkirakan petugas coklit (petugas pemutakhiran daftar pemilih,red) tidak menemukan orang yang dimaksud saat di lapangan. Selain itu juga kemungkinan terjadi kekeliruan dalam membaca atau menuliskan NIK.

“Sebagai contoh, sebenarnya dalam Kartu Keluarga, NIK tersebut tertera angka 8, namun disebutkan angka 6, karena hasil fotokopinya kurang jelas. Setelah kita lacak ternyata tidak ada datanya,” kilah Justi.

Disampaikan Justi bahwa jumlah penduduk di Tulungagung sebanyak 1.100.817 Jiwa. Dari jumlah tersebut yang wajib memiliki KTP sebanyak 851.291. Sementara yang telah melakukan perekaman sudah 93 persen, atau 791.700 jiwa. Sedangkan yang statusnya `print ready record` (PRR) sebanyak 8.119, sedangkan yang SFE (send for enrollment) dan proses penunggalan di pusat jumlahnya 1.724.

Sementara itu, Ketua KPU Tulungagung, Suprihno menyatakan akan mempelajari hasil verifikasi yang disampaikan oleh Dispendukcapil.

“Kami belum melihat hasil verifikasi dari Dispendukcapil secara utuh, karena baru saja kita terima,” pungkas Suprihno.(bac)

Keterangan gambar : Kepala Dispendukcapil Tulungagung, Justi Taufik (kiri) saat menyerahkan hasil verifikasi kepada Ketua KPU Tulungagung Suprihno.(foto : acta cahyono)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/290318-bac-tulungagung-verifikasi-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/290318-bac-tulungagung-verifikasi-150x150.jpgREDAKSIPolitikadakitanews,Berita,Dispendukcapil,kpu,Tulungagung,verifikasi dps
ADAKITANEWS, Tulungagung – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Tulungagung memenuhi janjinya untuk menyerahkan hasil verifikasi terkait adanya temuan hasil pencocokan dan penelitian (Coklit). Dalam rilis data Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pilkada Tulungagung 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung menyatakan bahwa masih ada sebanyak 21.741 penduduk di Kabupaten Tulungagung...