hewan-kurban@dakita Kediri – Jelang Hari Raya Kurban, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri lakukan inspeksi mendadak atau sidak ke beberapa penjual hewan kurban. Hal ini dilakukan petugas Dispertan untuk memastikan kelayakan hewan yang akan dikurbankan. Selain itu juga untuk mewaspadai hewan dari Jawa Tengah yang masuk ke wilayah Kabupaten Kediri karena ditengarai terjangkit penyakit antrak.

Dalam sidak hari pertama,Dispertan Kabupaten Kediri menyisir 3 tempat yakni kecamatan Ngasem, Gurah dan Plosoklaten.Para petugas melakukan pemeriksaan hewan meliputi kulit, mata, gigi, bulu, dan testis. Sidak kali ini petugas tidak menemukan hewan yang diperjual belikan dengan kualitas buruk.

Hewan kurban yang dinyatakan sehat memiliki ciri-ciri yakni mata bersinar, hewan lincah, tidak cacat fisik, pincang, buta, serta sangklir atau hanya memiliki satu testis. Sementara untuk hewan yang tak layak dikurbankan atau dinyatakan sakit yakni memiliki ciri kulit dan mata pucat. Sidak ini dilakukan, untuk mewaspadai masukan hewan kambing dari wilayah Jawa tengah, karena terindikasi terjangkit penyakit antrak.

Sri Suparmi Kepala Dispertan Kabupaten Kediri, mengatakan sidak dilakukan untuk memastikan hewan yang akan dikurbankan dalam kondisi sehat serta tidak berasal dari Jawa Tengah.

“ Sidak ini hanya untuk memastikan hewan kurban yang dijual dalam kondisi sehat. Selain itu, hewan kurban juga tidak berasal dari wilayah Jawa Tengah, karena Pemerintah Provinsi Jatim melarang hewan kurban dari Jawa Tengah yang ditengarai terjangkit penyakit antrak,” jelas Sri Suparmi.

Agus salah seorang penjual dari Desa Joho Kecamatan Ngasem, mengatakan pihaknya sudah menjamin kambing yang dijual dalam kondisi sehat dan bersih.

“ Untuk lebaran kurban kali ini saya sudah menyiapkan 100 ekor kambing untuk diperjual belikan. Saya menjamin hewan kurban yang saya jual bersih dan sehat.Karena setiap hari saya bersikan dengan memberi air jeruk nipis untuk mata dan obat dari dari dinas peternakan jika sakit,” ujar Agus.(tya)

Keterangan Gambar : Ilustrasi hewan kurban

RedaksiKesehatan
@dakita Kediri – Jelang Hari Raya Kurban, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri lakukan inspeksi mendadak atau sidak ke beberapa penjual hewan kurban. Hal ini dilakukan petugas Dispertan untuk memastikan kelayakan hewan yang akan dikurbankan. Selain itu juga untuk mewaspadai hewan dari Jawa Tengah yang masuk ke wilayah Kabupaten...