ADAKITANEWS, Kediri – Kalangan DPRD Kabupaten Kediri menyerukan kepada pemerintah daerah setempat untuk menutup tambang bodong alias tanpa izin yang marak beroperasi. Pasalnya, selain dianggap merugikan daerah, wilayah tambang tersebut rawan terjadi bencana.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Kediri, Murdi Hantoro menyatakan pihaknya menyerukan pada Pemda Kediri agar segera menutup praktik tambang yang berada hampir di 26 kecamatan di Kabupaten Kediri.

“Keberadaanya (tambang tidak berizin-red) meluas, hampir di seluruh wilayah Kecamatan ada. Beberapa memang sudah ada izinnya,” ujar Murdi Hantoro.

Murdi Hantoro mengatakan, keberadaan tambang ilegal tersebut jelas merugikan pemerintah khususnya pemerintah Kabupaten Kediri. Pasalnya, selain tidak memberikan kontribusi apapun pada pemerintah daerah, kerusakan lingkungan akibat penambangan juga bakal dirasakan oleh warga.

“Tambang liar jelas tidak memberikan kontribusi pada pemerintah. Memang izin usaha penambangan merupakan kewenangan pemerintah provinsi. Namun kita yang punya wilayah juga akan terkena dampaknya, maka kita juga ikut menjaga,” lanjutnya.

Kawasan penambangan yang banyak dieksplorasi oleh para penambang, kata Murdi Hantoro, berada pada wilayah rawan bencana. Dengan beroperasinya tambang di wilayah tersebut, berpotensi membuat kerusakan lingkungan. “Dampak penambangan pasti membawa kerusakan lingkungan. Paling tidak kawasan tersebut menjadi rawan terjadi bencana,” jelasnya.

Untuk itu, pihak DPRD meminta penegak hukum, baik Satpol PP maupun kepolisian agar menindak keberadaan tambang liar tersebut. Selain itu, lanjut Murdi Hantoro, pihaknya juga meminta adanya pengawasan ketat terhadap praktik penambangan yang sudah berizin.

“Kalau usaha tambang liar atau bodong harus ditutup. Namun pengawasan ketat juga harus dilakukan pada usaha tambang yang berizin, karena bisa jadi pelanggaran praktik penambangan. Contohnya luas penambangan yang tidak sama dengan izin yang dikeluarkan. Jangan sampai pemerintah mengeluarkan izin saja tanpa ada pengawasan,” tegas Hantoro.(ys)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2016/11/tambang-galian-c.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2016/11/tambang-galian-c-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,dprd kabupaten kediri,kediri,pemkab kediri,tambang liar
ADAKITANEWS, Kediri - Kalangan DPRD Kabupaten Kediri menyerukan kepada pemerintah daerah setempat untuk menutup tambang bodong alias tanpa izin yang marak beroperasi. Pasalnya, selain dianggap merugikan daerah, wilayah tambang tersebut rawan terjadi bencana. Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Kediri, Murdi Hantoro menyatakan pihaknya menyerukan pada Pemda Kediri agar segera menutup...