ADAKITANEWS, Sidoarjo – Seorang sopir angkutan online yang sedang mengambil penumpang di kawasan terminal Bungurasih Sidoarjo, dipalak dengan dimintai sejumlah bungkus rokok karena dianggap melanggar zona batas antara angkutan konvensional dan angkutan online.

Kasus tersebut berawal dari sebuah video yang diunggah oleh penumpang korban, di akun media sosialnya. Dalam video tersebut diketahui pelaku bernama AY, 39, warga Wonocolo Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo sengaja meminta 10 bungkus rokok sebagai denda karena korban sudah melanggar zona batas.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji menjelaskan, zona batas antara area angkutan online dengan angkutan konvensional sebenarnya sudah disepakati kedua belah pihak.

“Tetapi memang, setiap produk-produk kesepakatan itu harus disepakati oleh kedua belah pihak tetapi ini dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu untuk melakukan pelanggaran atau tindak pidana,” ujar Kombes Pol Himawan saat pers rilis di halaman Mapolresta Sidoarjo, Jumat (23/03).

Dalam kasus kali ini, pelaku juga diketahui sempat mencatut nama anggota Polresta Sidoarjo. Sejumlah saksi termasuk korban dan anggota polisi yang namanya dicatut oleh pelaku, juga sudah diperiksa. Hasilnya, pelaku terbukti memeras satu slop rokok terhadap sopir dan penumpang taksi online.

Akibat perbuatannya, kini AY harus menjalani masa penahanan di Mapolresta Sidoarjo dan dijerat dengan pasal berlapis yakni pasal 368 KUHP tentang pemerasan dan pasal 310 KUHP tentang pencemaran nama baik.

Di akhir pers rilis, Kapolresta juga sempat memerintahkan Kapolsek Waru, Kompol Fatoni untuk segera menangkap pelaku lain berinisial Z, yang kini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).(sid3)

Keterangan gambar : Pelaku pemalakan beserta barang bukti saat pers rilis di Mapolresta Sidoarjo.(foto: andri santoso)‎

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/adakitanews20180323_201251-1024x767.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/adakitanews20180323_201251-150x150.jpgREDAKSIHukum Kriminaladakitanews,angkutan online,Berita,pemalakan,sidoarjo
ADAKITANEWS, Sidoarjo - Seorang sopir angkutan online yang sedang mengambil penumpang di kawasan terminal Bungurasih Sidoarjo, dipalak dengan dimintai sejumlah bungkus rokok karena dianggap melanggar zona batas antara angkutan konvensional dan angkutan online. Kasus tersebut berawal dari sebuah video yang diunggah oleh penumpang korban, di akun media sosialnya. Dalam video...