ADAKITANEWS, Sidoarjo – Tim Satgas Pangan Unit Tipiter Satuan Reskrim Polresta Sidoarjo melakukan penggerebekan terhadap empat home industri yang memproduksi garam di Desa Wonokasihan Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Keempat home industri ini digerebek lantaran tidak mengantongi izin produksi dan izin edar.

Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo, Kompol M Harris mengatakan, keempat pemilik home industri yang diamankan dan ditetapkan tersangka itu diantaranya Subagiyo warga Dusun Ngemplak, Moch Khamdan warga Dusun Wonokasihan, Siti Khoirotin warga Dusun Wonokasihan dan Imam Januki warga Dusun Ngemplak.

Ia mengatakan, terungkapnya kasus ini berdasarkan laporan masyarakat yang mengatakan di desa tersebut banyak home industri garam yang tidak memiliki izin edar dan izin produksi. Kompol Harris menambahkan, keempat home industri yang digerebek itu sudah beroperasi antara 1 hingga 4 tahun. “Peredaran garam ini di wilayah Sidoarjo dan Surabaya. Karena tak berizin maka komposisi garam ini diragukan,” jelasnya, Jumat (19/05)

Dari penggerebekan itu, polisi mengamankan barang bukti ribuan ball produk garam berbagai merek, empat set mesin selep garam, 8 cetakan garam, empat buah timbangan, 12 oven, nota, puluhan ton garam siap edar dan barang bukti lainnya.

Sementara itu di hadapan petugas, Siti Khoirotin mengaku tergiur dengan omzet produksi garam ini. “Saya belajar dari tetangga dan baru produksi sekitar 2 tahun terakhir,” ujarnya singkat.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat pasal 134 jo pasal 64 UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, pasal 142 jo pasal 91 UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, pasal 113 jo pasal 57 UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dan pasal 120 jo pasal 53 UU Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.(sid2)

Keterangan gambar : Keempat tersangka pemilik home industri garam saat diamankan petugas.(foto : mus purmadani)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/05/190517-sid2-sidoarjo-garam-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/05/190517-sid2-sidoarjo-garam-150x150.jpgREDAKSIHukum Kriminaladakitanews,Berita,garam ilegal,home industri,polresta sidoarjo,sidoarjo
ADAKITANEWS, Sidoarjo - Tim Satgas Pangan Unit Tipiter Satuan Reskrim Polresta Sidoarjo melakukan penggerebekan terhadap empat home industri yang memproduksi garam di Desa Wonokasihan Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Keempat home industri ini digerebek lantaran tidak mengantongi izin produksi dan izin edar. Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo, Kompol M Harris mengatakan, keempat...