PKL SMA 2ADAKITANEWSfo o pkl depan SMAN 2 Pare Kediri – Keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) di depan SMAN 2 Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur dianggap mengganggu pemandangan sekolah. Hal ini membuat pihak sekolah meminta kepada pemerintah daerah melalui Camat Pare untuk merelokasi. Keterangan ini disampaikan oleh Supriswanto, Waka Humas SMAN 2 Pare.

Menurutnya, keberadaan PKL di jalan Kusuma Bangsa tersebut menjadi ganjalan SMAN 2 Pare menuju sekolah berstatus Adiwiyata. “Ketika pertama kita ditunjuk untuk ikut (program sekolah Adiwiyata) disitu kan ada semacam penilaian. Salah satunya adalah tentang perwajahan sekolah. Dan, faktanya keberadaan sangat menggangu perwajahan sekolah ini,” ujar Supriswanto, Jumat (9/1).

Sebetulnya, lanjut dia, permintaan ini sudah lama disampaikan pihak sekolah kepada Pemkab Kediri. Namun, belum ada tindakan nyata dari pemerintah daerah. Usai pergantian Camat Pare, pihaknya kembali melayangkan permintaan itu.

“Kebetulan saya sendiri yang diberi tugas dari menyampaikan kepada bu camat baru. Bagaimana caranya agar ada solusi. Bahkan pernah ada tamu berkata bahwa mereka kesulitan menemukan SMAN 2 ini. Berarti ini kan sudah parah gitu lo,” katanya.

Untuk kali ini camat menjanjikan akan segera merelokasi para PKL ke tempat lain. Namun pihak sekolah sampai sejauh ini masih berharap itu akan terealisasi. “Janjinya sih begitu. Tapi kan juga butuh proses,” kata dia.

Namun sayang, camat Pare, Anik Wuryani, belum bisa memberikan keterangan secara gamblang soal itu. Menurutnya masih banyak pihak yang perlu dikoordinasikan. “Ya, tunggu saja. Kecamatan kan tidak bisa bekerja sendiri,” tuturnya. Jumat (09/01).

Relokasi PKL menurut Camat Perempuan satu satunya di kabupaten Kediri, tidak hanya PKL depan SMAN 2 Pare saja. Penataan tata ruang kota seperti Pare ini mutlak perlu dilakukan. Termasuk menertibkan para PKL. “Yang namanya kota, segala sesuatunya harus ditertibkan,” tegasnya saat ditemui di kantor Kecamatan Pare pagi tadi.

Berdasarkan data yang dihimpun adakitanews.com jumlah PKL yang ada di sepanjang trotoar depan SMAN 2 sebanyak 19 pedagang, sedangkan di sampingnya ada 24 pedagang. Mayoritas adalah lapak warung kopi semi permanen.(kunam)

Keterangan Gambar : PKL di sekitar SMA 2 Pare

REDAKSIDaerahEkbiskediri,pkl,sma 2
ADAKITANEWS Kediri - Keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) di depan SMAN 2 Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur dianggap mengganggu pemandangan sekolah. Hal ini membuat pihak sekolah meminta kepada pemerintah daerah melalui Camat Pare untuk merelokasi. Keterangan ini disampaikan oleh Supriswanto, Waka Humas SMAN 2 Pare. Menurutnya, keberadaan PKL di jalan Kusuma...