ADAKITANEWS, Kota Kediri – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA, M Latif Safiudin berkolaborasi dengan Pondok Pesantren Lirboyo mengadakan acara Nusantara Mengaji, Kamis (19/04).

Dalam acara yang juga digelar serentak di seluruh Lapas se-Indonesia itu, hadir Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, perwakilan santri Ponpes Lirboyo Kota Kediri, Wakil Ketua DPRD Kota Kediri, Oing Abdul Muid, perwakilan dari Kementerian Agama Kota Kediri dan Ketua Koordinator Daerah Nusantara Mengaji, Syamsul Umam.

Latif Safiudin mengatakan, acara tersebut diselenggarakan atas imbauan dari Kementerian Hukum dan HAM. “Acara ini diadakan oleh Lapas seluruh Indonesia. Dan untuk Lapas Kediri sendiri, berkolaborasi dengan Ponpes Lirboyo Kota Kediri,” cakap, Ka Lapas Kelas IIA Kediri (20/04)

Masih kata Latif, sebenarnya di dalam Lapas Kediri sendiri, sudah ada Ponpes At-taubah yang guru pengajarnya juga berasal dari Ponpes Lirboyo. Meskipun masih berawal ilmu dasar yaitu Iqro, namun semua penghuni Lapas Kelas IIA ini juga selalu mendapatkan siraman rohani. “Seluruh penghuni Lapas masih dalam proses pembelajaran Alquran tingkat dasar yaitu membaca Iqro, namun juga selalu mendapatkan siraman rohani,” ujarnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar juga mengaku kaget lantaran baru mengetahui ternyata ada Pondok Pesantren di dalam Lapas. Tak hanya itu, Walikota yang akrab disapa Mas Abu itu juga sangat mengapresiasi acara tersebut. Pasalnya, membaca Alquran memang harus dilakukan setiap hari agar hati tetap tenang dan tidak ada kerisauan yang mengganggu.

“Saya kaget, karena baru tahu kalau ada Ponpes di dalam Lapas Kediri. Namun saya senang dan bangga dengan adanya Ponpes At-taubah,” tuturnya.

Hal senada juga diutarakan oleh Ketua Koordinator Daerah Nusantara Mengaji, Syamsul Umam. Ia mengatakan, dengan adanya kegiatan khataman alquran tersebut, diharapkan penghuni Lapas Kelas IIA Kediri mendapatkan pencerahan dan hidayah. “Semoga tindakan kriminal semakin berkurang, dan yang sudah pernah melakukan kriminal agar mendapat hidayah dari Allah SWT,” pungkasnya.

Untuk diketahui, rangkaian acara tersebut dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Kota Kediri, Oing Abdul Muid dengan bacaan tahlil bersama 755 penghuni Lapas dan para tamu undangan. Kemudian dilanjutkan dengan bacaan ayat suci Alquran yang dilantunkan dengan khusyuk, serta doa bersama untuk perubahan Kota Kediri yang lebih baik lagi kedepannya.(udn)

Keterangan gambar : Walikota Kediri, Abdulah Abu Bakar, Kalapas Kelas IIA Kediri, M Latif Safiudin, Wakil Ketua DPRD Kota Kediri, Oing Abdul Muid, 755 penghuni Lapas, dan Tamu undangan yang lain.(foto:fasihhuddin kholili)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/04/200417-udn-kediri-lapas-1-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/04/200417-udn-kediri-lapas-1-150x150.jpgREDAKSISpiritualadakitanews,Berita,kediri,khataman alquran,Lapas kelas IIA Kediri,ponpes lirboyo
ADAKITANEWS, Kota Kediri - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA, M Latif Safiudin berkolaborasi dengan Pondok Pesantren Lirboyo mengadakan acara Nusantara Mengaji, Kamis (19/04). Dalam acara yang juga digelar serentak di seluruh Lapas se-Indonesia itu, hadir Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, perwakilan santri Ponpes Lirboyo Kota Kediri, Wakil Ketua DPRD...