Gelombang Arus Balik di Ring Road Mojoagung Mulai Turun

931

ADAKITANEWS, Jombang – Gelombang arus balik sudah mulai terlihat menurun pada H+5 lebaran. Seperti terpantau di ruas jalan ring road Mojoagung pada Jumat (30/06) malam. Penumpukan kendaraan juga sudah jarang terlihat dan arus lalu lintas cenderung lancar.

Seperti dijelaskan Kapolsek Jogoroto, AKP Sumiyanto saat sedang memonitor kondisi arus lalu lintas di pintu masuk ring road Mojoagung. Ia menjelaskan bahwa kondisi arus balik terbilang ramai dan lancar, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang cenderung macet.

Hal tersebut, sambung AKP Sumiyanto, diakibatkan adanya pemecahan arus yang sudah terjadi di perbatasan 3 Kabupaten yakni Kabupaten Jombang, Kabupaten Kediri serta Kabupaten Nganjuk atau di simpang 3 Mengkreng. Kendaraan yang melintasi simpang 3 tersebut, atau yang juga disebut simpang 3 Bangjuri (Jombang Nganjuk Kediri) sudah dialihkan ke Tol Kertosono Surabaya, sehingga kendaraan yang melintasi Jalan Raya Mojoagung sudah berkurang daripada tahun kemarin.

“Berbeda dengan tahun kemarin, tahun ini arus balik yang melintas sudah berkurang karena sebagian sudah dialihkan ke jalan Tol ketika kendaraan melintasi Simpang Mengkreng,” ungkap AKP Sumiyanto kepada Tim Adakitanews.com.

Ia juga menambahkan, bahwa pengalihan arus menuju ring road Mojoagung sampai ring road Trowulan Kabupaten Mojokerto ini demi menghindari penumpukan di Jalan Raya Mojoagung. Pasalnya di Jalan Raya tersebut terdapat penyempitan jalan yang terjadi di Jembatan Mojoagung.

Saat disinggung soal hasil pantauannya, AKP Sumiyanto menjelaskan bahwa sepanjang siang hingga malam ini terpantau kendaraan roda dua mendominasi jalan menuju arah Surabaya. “Dari pantauan kami, kendaraan roda dua mendominasi yang melintas di Ring Road Mojoagung menuju arah Surabaya,” paparnya.

Diakhir wawancara ia menjelaskan bahwa prediksi puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada tanggal 1 Juli 2017 besok.(ar)

Keterangan gambar: Kondisi arus balik di ruas jalan ring road Trowulan. (bawah) Kapolsek Jogoroto, AKP Sumiyanto saat memantau arus balik di pintu masuk ring road Mojoagung.(foto:adi rosul)