Peta Pusat Gempa-1

ADAKITANEWS, Madiun – Gempa bumi melanda Desa Klumutan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Kamis (25/6) sekitar pukul 10:35:29, dalam skala II MMI (Modified Mercalli Intensity), membuat kerusakan sejumlah rumah warga. Desa Klumutan berpenduduk sekitar 8.000 jiwa, sempat dibuat kaget dan berlarian ke jalanan saat gempa berlangsung selama beberapa detik itu.

Ternyata, gempa menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga dirasakan sebagian wilayah Kabupaten Nganjuk berbatasan dengan Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. “Kami sempat dibuat kaget, mendadak rumah terasa bergoyang, lalu kami sekeluarga sontak keluar rumah menyelamatkan diri,” ujar Diro warga Desa Klumutan.

Laporan BMKG, gempa berkekuatan 4,2 SR (Skala Richter) itu dikedalaman 10 km dengan pusat gempa berada didarat 12 km tenggara Madiun. Laporan diperoleh sejak sore hingga malam ini, sejumlah petugas dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, Polres dan Kodim Madiun terus melakukan pendataan dan evakuasi pengungsi ke lokasi aman.

“Sejauh ini, kami masih melakukan pendataan, evakuasi hingga pendirian posko untuk pengungsi, rumah rusak terdata 57 unit dan rusak parah 7 unit, sejauh ini tidak ada korban jiwa. Kami sudah meminta warga rumahnya dalam kondisi bahaya, agar tidak huni,” jelas Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madiun Edi Harianto.

Ia juga menyatakan sudah mempersiapkan dapur umum untuk para pengungsi, bantuan tenaga kerja datang dari Polres dan Kodim Madiun mengirimkan personilnya ke Desa Klumutan terletak dipinggiran hutan. “Kami terus pantau kondisi Desa Klumutan bersama seluruh jajaran,” ujar Edi lagi.

Sementara itu, Kapolres Madiun AKBP Yoyon Tony Surya Saputra mengatakan untuk membantu lokasi gempa mengirim personil dari Polsek Saradan dengan kekuatan 50 personil. “Kami juga siagakan sebanyak satu peleton Sabhara di Polsek Saradan, untuk menganti personil kelelahan dalam melakukan evakuasi,” jelasnya. (UK)

Ketrangan Gambar : Peta pusat gempa melanda Desa Klumutan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, dikeluarkan BMKG.

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/06/Peta-Pusat-Gempa-1.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/06/Peta-Pusat-Gempa-1-150x150.jpgRedaksiDaerahGempa,madiun
ADAKITANEWS, Madiun - Gempa bumi melanda Desa Klumutan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Kamis (25/6) sekitar pukul 10:35:29, dalam skala II MMI (Modified Mercalli Intensity), membuat kerusakan sejumlah rumah warga. Desa Klumutan berpenduduk sekitar 8.000 jiwa, sempat dibuat kaget dan berlarian ke jalanan saat gempa berlangsung selama beberapa detik itu. Ternyata,...