GenBI KEDIRI BANTU ATASI MASALAH SOSIAL DIUSIANYA YANG KEDELAPAN TAHUN

11


TULUNGAGUNG – GenBI Kediri bergandeng tangan untuk bantu tuntaskan masalah-masalah sosial.
GenBI (Generasi Baru Indonesia) merupakan komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia yang terdiri dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di Indonesia. Untuk wilayah kerja Bank Indonesia Kediri, GenBI Kediri berasal dari 4 perguruan tinggi yaitu IAIN Tulungagung, IAIN Kediri, IAIN Ponorogo dan Universitas Darusalam Gontor.
Lewat GenBI, mahasiswa tidak hanya akan mendapatkan beasiswa, namun lebih dari itu GenBI dituntun untuk berbagi energi untuk negeri dengan berkontribusi aktif dalam pelaksanaan berbagai aktivitas sosial, baik di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, maupun lingkungan.
Memperingati HUT yang ke-8, GenBI Kediri adakan serangkaian kegiatan sosial a.l. Penyaluran Bantuan Air Bersih, Pengobatan Gratis (Medis dan Alternatif), serta Reboisasi Lingkar Wilis dan Hibah Tempat Sampah.

Penyaluran Bantuan Air Bersih, Senin (11/11/2019) di Desa Winong, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Genbi Kediri Komisariat IAIN Tulungagung berkerjasama dengan Aparat pemerintah Desa Winong, PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) untuk membantu warga di Dusun Mongkrong dan Dusun Ngledok yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih akibat terjadi kekeringan yang sudah berlangsung kurang lebih 2,5 bulan ini, dengan bantuan 3 (tiga) tangki mobil air.
Pihak BPBD mengatakan ”Kegiatan GenBI ini sangat bagus salah satu pemuda-pemuda yang peduli linkungan, kalo bisa kegiatan ini bisa kita lanjut untuk lebih peduli terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan”. Kepala Desa Winong, Pak Tejo mengucapkan terimakasih untuk GenBI yang telah memberikan bantuan untuk warga desa Winong dan berharap program ini tidak hanya dilakukan satu kali ini saja.

Kegiatan sosial kedua yang dilakukan oleh GenBI Kediri yaitu Pengobatan Gratis (Medis dan Alternatif), Sabtu (16/11/2019) di Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. GenBI Kediri bekerjasama dengan Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kecamatan Sendang untuk pengobatan medis, dan bekerjasama dengan Condro Dimuka dari Kedawung, Blitar untuk mengobatan alternatif menggunakan metode bekam dan terapi listrik.
“Terimakasih kepada anggota GenBI Kediri Komisariat IAIN Tulungagung atas kehadirannya di Desa sini. Jika nanti ada kegiatan lagi yang seperti ini kami sangat mengharapkan dan terbuka untuk GenBI, karena disini tempat orang-orang banyak yang lelah, jadi dengan adanya pengobatan gratis sangat membantu warga yang ada di sini” tutur Bapak Parman, warga desa Geger.
HUT GenBI ke-8 ikut dimeriahkan oleh Grup Sholawat Roudhotul Fata sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di desa Geger. Syukuran HUT GenBI ini diisi juga dengan tausiyah oleh salah satu Anggota GenBI bernama Nando Oktaher Adiansyah dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng.

Kegiatan Roboisasi di Lingkar Gunung Wilis, Minggu (17/11/2019) Upacara Pembukaan, dihadiri oleh para warga sekitar, dan perangkat Desa Geger, Kecamatan Sendang. Pada upacara pembukaan ini GenBI Kediri juga menghibahkan tong sampah dan bibit-bibit yang akan ditanam. Acara pembukaan ini juga diiringi oleh musik Angklung Realita.
Reboisasi GenBI Kediri Komisariat IAIN Tulungagung kolaborasi dengan KPHLS (Komunitas Peduli Hutan Lindung Sendang) di Lingkar Gunung Wilis. GenBI Kediri dan KPHLS menanam 150 bibit pohon durian dan nangka dengan harapan nantinya pohon-pohon ini dapat tumbuh dan meningkatkan kualitas hidup makhluk hidup utamanya manusia melalui kualitas peningkatan sumber daya alam.
Ketua GenBI Kediri Komisariat IAIN Tulungagung, Mohamad Fajar Prasetyo berharap semoga rangkaian kegiatan ini mampu membantu warga masyarakat setempat dan bermanfaat untuk semua. Diharapkan anggota GenBI bisa terus menumbuhkan kepedulian antar sesama sesuai dengan tagline GenBI “Berdaya untuk sesama, bermakna untuk semua”. Pras juga mengucapkan terimakasih untuk pihak-pihak yang sudah berkerjasama dalam rangkaian kegiatan HUT GenBI yang ke-8 ini.