ADAKITANEWS, Kota Madiun – Tim Gabungan Satgas Pangan Kota Madiun melakukan sidak ke Pasar Besar Madiun, Senin (22/05). Selain untuk mengetahui harga serta ketersediaan stok, sidak juga dilakukan untuk mengetahui kelayakan bahan makanan baik yang ada dalam kemasan maupun tidak.

Sidak dilakukan oleh Dinas Perdagangan Kota Madiun, Polres Madiun Kota, dan Perwakilan Bank Indonesia Kediri meliputi bahan kebutuhan harian mulai bumbu dapur, sayuran, daging ayam, daging sapi serta tidak ketinggalan makanan dalam kemasan.

“Sidak akan kami lakukan selama empat hari sampai Jumat (26/05) pada tempat yang berbeda, baik pasar tradisional maupun perbelanjaan modern,” jelas Harum Kusumawati, Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Madiun.

Dalam rangka persiapan menjelang Ramadan, Harum juga menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak berbelanja secara berlebihan karena bisa menjadi salah satu penyebab naiknya harga.

Untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok agar tidak terjadi kenaikan harga diluar kendali, pihak Dinas Perdagangan Kota Madiun akan melaksanakan OPM (Operasi Pasar Murah).

“Untuk OPM nantinya akan dilaksanakan bersama-sama antara Dinas Perdagangan, TPID serta BI, yang menurut rencana dilaksanakan tanggal 29 Mei 2017 sampai dengan 16 Juni 2017,” terang Harum kepada Tim Adakitanews.com.

Sementara itu Asisten Manajer Bank Indonesia Kediri, Rachmat Toni mengatakan, kehadiran Bank Indonesia dalam sidak kali itu merupakan bagian dari tugas Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk memantau kondisi harga.

“TPID salah satu tugasnya adalah memantau harga agar tidak bergejolak, yang biasanya diikuti dengan inflasi yang cukup tinggi,” jelas Rachmat.

Masih menurut Rachmat, lewat sidak tersebut nantinya akan diperoleh data yang pasti terkait harga dan pasokan barang. Terlebih jika ada permasalahan terkait jalur distribusi serta penimbunan, agar bisa segera diselesaikan.

Pantauan Tim Adakitanews.com di lokasi, pasokan serta harga barang hingga 5 hari menjelang puasa masih stabil dan belum ada kenaikan harga signifikan. Seperti bawang putih yang dijual rata-rata dengan harga Rp 55 ribu, bawang merah Rp 35 ribu, kentang Rp 15 ribu, dan wortel Rp 11 ribu.. Sedangkan daging ayam, perkilogramnya masih dijual pada kisaran Rp 32 ribu, dan daging sapi kualitas 1 dijual rata-rata Rp 100 ribu perkilogram.

“Harga kebutuhan pokok hari ini masih wajar serta stabil. Hanya saja pembelinya yang berkurang,” beber Hermin, salah satu pedagang di pasar Besar Madiun.(bud)
Keterangan gambar: Tim gabungan saat melakukan sidak di Pasar Besar Madiun.(foto: budiyanto)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/05/220517-bud-madiun-sidak-1-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/05/220517-bud-madiun-sidak-1-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,harga,madiun,ramadan,TPID
ADAKITANEWS, Kota Madiun - Tim Gabungan Satgas Pangan Kota Madiun melakukan sidak ke Pasar Besar Madiun, Senin (22/05). Selain untuk mengetahui harga serta ketersediaan stok, sidak juga dilakukan untuk mengetahui kelayakan bahan makanan baik yang ada dalam kemasan maupun tidak. Sidak dilakukan oleh Dinas Perdagangan Kota Madiun, Polres Madiun Kota,...