Hasil Seleksi Perangkat Di Desa Diwek Diprotes Peserta

3735

ADAKITANEWS, Jombang – Seleksi pengangkatan perangkat desa yang diadakan serentak oleh Pemerintah Kabupaten Jombang yang meliputi 297 Desa di 21 Kecamatan, sudah sampai di hasil putusan, Rabu (26/04).

Pengumuman hasil seleksi tersebut diumumkan secara serentak di masing-masing Desa melalui panitia Desa dan Kecamatan. Dari jumlah peserta sebanyak 2.207 orang, akan diambil 642 orang untuk mengisi kekosongan jabatan Perangkat Desa di Kabupaten Jombang.

Seperti di Desa/Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Pengumuman hasil seleksi pengangkatan perangkat desa dilakukan di aula Kantor Desa Diwek. Acara pengumuman yang dihadiri langsung oleh Kepala Desa setempat, H Abdul Khafid tersebut sempat menuai protes dari beberapa peserta.

Agus Mulya Abadi, warga Dusun Kemambang Desa Diwek ini mengungkapkan bahwa adanya kejanggalan di proses tahapan seleksi pengangkatan perangkat di desa di wilayahnya. Agus menanyakan kepada Kepala Desa, bahwa awal permasalahan terjadi ketika proses tes tulis. Ada salah satu peserta yang dipanggil oleh panitia, hingga muncul kecurigaan akan kejanggalan itu.

Masih dari penjelasan Agus Mulya Abadi, dia juga menanyakan saat seleksi muncul 23 peserta. Sementara sebelumnya, di hari terakhir pendaftaran hanya ada 22 peserta. “Peserta yang pada akhir pendaftaran sejumlah 22, kenapa ada tambahan 1 orang, dan kenapa masih diterima oleh panitia, sedangkan pendaftaran sudah di tutup,” jelas Agus Mulya Abadi saat di wawancarai oleh Tim Adakitanews.com.

Sementara itu ketika dimintai keterangan, Kepala Desa Diwek, H Abdul Khafid mengatakan bahwa perbedaan jumlah peserta yang semula 22 peserta menjadi 23 peserta itu diakibatkan kurangnya informasi yang dilaporkan oleh pihak Kecamatan ke pihak panitia Kabupaten. “Adanya perbedaan jumlah peserta saat tahapan seleksi tersebut murni di luar Panitia Desa,” jelas Kepala Desa Diwek.

Meski proses pengumuman hasil seleksi perangkat desa sempat menuai protes dari beberapa peserta dan hampir dilakukan penundaan pengumuman, tapi pada akhirnya dibacakan pengumuman hasil seleksi tersebut dengan ditetapkannya Hendra Wahyu Wicaksono sebagai Sekretaris Desa, Dedi Kuncoro sebagai Kaur Perencanaan dan Afifudin Dewantara sebagai Kasi Pelayanan.(ar)

Keterangan gambar: Proses pengumuman hasil seleksi perangkat desa.(foto: adi rosul)