ADAKITANEWS, Jombang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang menemukan beberapa data keanggotaan partai politik yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan anggota TNI-Polri. Hal tersebut diketahui setelah dilakukannya verifikasi faktual terhadap berkas keanggotaan yang diserahkan seluruh partai ke KPU beberapa waktu lalu.

Anggota Komisioner KPU Kabupaten Jombang Divisi Hukum dan Pengawasan, Athoillah SH mengatakan bahwa ada beberapa anggota partai politik yang berstatus PNS atau TNI-Polri, dan berjumlah puluhan. “Hasil dari pemeriksaan, kami menemukan ada puluhan anggota parpol yang berstatus PNS dan TNI ,” ungkapnya.

Dari hasil data verifikasi faktual dengan mendatangi satu persatu rumah, lanjut Athoillah, diketahui bahwa sebagian besar yang berstatus PNS dan TNI tersebut sudah pensiun. Hal itu dibuktikan dengan Surat Keputusan (SK) pensiun yang ditunjukkan pada petugas yang melakukan verifikasi faktual.

“Setelah kami lakukan verifikasi faktual terhadap data parpol yang awalnya kami duga sebagai PNS dan TNI ternyata sebagian besar sudah pensiun. Ada juga yang masih aktif tetapi mereka mengatakan bahwa dirinya tidak pernah mendaftar sebagai anggota parpol. Jadi data tersebut tidak memenuhi syarat administrasi verifikasi partai politik,” tutur Athoillah saat diwawancarai Tim Adakitanews.com di Kantor KPU Kabupaten Jombang, Senin (13/11).

Athoillah juga mengatakan bahwa tidak ada sanksi apapun terhadap partai politik yang diketahui memiliki anggota yang berstatus PNS dan TNI. Menurut Athoillah, pihak KPU hanya akan menyerahkan berkas keanggotaan partai yang tidak memenuhi syarat administrasi pasca dilakukan verifikasi faktual.

Untuk penyerahan berkas tersebut, kata Athoillah, akan dilakukan pada tanggal 16 November 2016 sesuai dengan tahapan KPU. “Tidak ada sanksi. Kami hanya melakukan rekapitulasi soal berapa yang memenuhi syarat dan berapa yang belum memenuhi syarat. Nantinya partai bisa melakukan perbaikan data keanggotaan setelah selesai tahapan verifikasi dan akan kami serahkan ke masing-masing partai pada tanggal 16 November besok,” pungkas Athoillah.(ar)

Keterangan gambar: Anggota Komisioner KPU Kabupaten Jombang Divisi Hukum dan Pengawasan, Athoillah SH saat diwawancarai.(foto:adi rosul)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/11/131117-ar-jombang-kpu.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/11/131117-ar-jombang-kpu-150x150.jpgREDAKSIPolitikadakitanews,Berita,kpu,TNI Polri,verifikasi parpol
ADAKITANEWS, Jombang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang menemukan beberapa data keanggotaan partai politik yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan anggota TNI-Polri. Hal tersebut diketahui setelah dilakukannya verifikasi faktual terhadap berkas keanggotaan yang diserahkan seluruh partai ke KPU beberapa waktu lalu. Anggota Komisioner KPU Kabupaten Jombang Divisi Hukum...